17 Sekolah Layak Gelar UN CBT

Senin, 01 Februari 2016 - 20:10:16


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA sederajat diperkirakan akan dilaksanakan pada April 2016 mendatang. Ada 17 sekolah di Kota Jambi yang sudah dipastikan lolos verifikasi dari pusat untuk melaksanakan UN dengan sistem Computer Based Test (CBT).

"SMK juga ada yang akan menggunakan sistem CBT," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, Saiful Huda, kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Menurutnya, untuk tingkat SMP ada lima sekolah yang akan menggunakan sistem CBT untuk UN tahun ini, terdiri dari tiga sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

"Sekolah negeri ada SMPN 7, SMPN 1, dan SMPN 6. Kalau swastanya ada SMP Xaverius 1 dan SMP Unggul Sakti. Jadi ada tambahan 4 sekolah. Kalau tahun lalu hanya SMPN 7 saja," sebutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kota Jambi, Arman, mengatakan dalam persiapan, sejauh ini tidak ada masalah. Bahkan ia menyebutkan ada bantuan komputer dari pusat.

"Komputer kita standby. Tapi kalau ada siswa yang mau bawa laptop pribadi juga tidak masalah, tinggal kita sesuaikan dengan sistemnya. Jaringan saat ini sedang dalam tahap persiapan," ujarnya.

Terpisah, Mulyadi, Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Jambi, juga mengatakan untuk tingkat SMA ada 12 sekolah yang sudah siap untuk melaksanakan UN CBT, yakni SMAN 1, SMAN 6, SMAN 3, SMAN 9, dan SMA Unggul Sakti. Untuk SMK juga ada 6 sekolah, yakni PGRI 2, Unggul Sakti, Attaufik, DB 4, Harapan Bangsa, dan Karang Berahi.

"Sekolah yang akan melaksanakan UN CBT harus memenuhi beberapa syarat, seperti harus mempunyai laboratorium komputer. Untuk syarat teknisnya, memiliki server dengan ram minimal 8 GB, prosesor 4 core dan hardisk 250 GB,"pintanya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav