DKJ Bakal Gelar Dialog Bersama Seniman dan Komunitas Seni

Rabu, 27 Januari 2016 - 22:40:41


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Peranan Dewan Kesenian Jambi (DKJ) untuk menguatkan seniman dan komunitas seni yang berbasis tradisi dan kearifan lokal begitu penting. Sebagai lembaga yang menaungi ribuan seniman indisipliner, DKJ memproyeksikan perlunya transparansi managemen kesenian terhadap publik, khususnya rakyat kesenian.

Fahmi Sabki, Ketua Umum DKJ mengatakan, untuk menggaungkan managemen seni yang sehat dan akuntansi, DKJ akan melakukan dialog dengan seluruh seniman dan komunitas seni se provinsi Jambi di Taman Budaya Jambi pada tanggal 30 Januari 2016 mendatang. Dimana, program-program strategis kesenian akan lahir dari seniman kemudian akan dikembalikan keseniman.

"Transparansi managemen seni itu penting. Seniman dan komunitas seni Indonesia yang sudah mapan dan menerima founding baik dari dalam maupun luar negeri, managemen seninya akuntansi dan transparan,"katanya.

Untuk mencapai titik itu, DKJ akan melakukan pembinaan terhadap seniman dan komunitas seni. Sehingga, produk kesenian dapat bersaing dipasar global maupun lokal, dari dialog yang digelar DKJ, diharapkan dapat membangun sinergisitas antara Dewan Kesenian dan Seniman.

"Bukan itu saja, seniman Jambi selain memposisikan diri sebagai subjek aktif yang kreatif, juga turut memberikan arah kebijakan kesenian secara khusus dan kebudayaan secara umum," terang Fahmi.

"Pada posisi ini, keberadaan Dewan Kesenian menjadi sangat strategis untuk menjembatani seniman dengan wujud kekaryaan dengan pemerintah, pasar dan masyarakat,"tambah Fahmi.

Sementara itu, Nukman, selaku Ketua Panitia Dialog, untuk kegiatan dialog ini panitia telah mengundang sebanyak 160 seniman dan komunitas seni, dari seluruh kabupaten dan kota yang akan mempresentasikan pendapat, pandangan, dan wacana berkesenian secara kolektif.

"Dialog ini bagian dari tahapan DKJ dalam menjalankan program. Target dari dialog ini dapat menampung aspirasi. Dari aspirasi itu akan dirangkum lalu diproyeksikan menjadi rekomendasi. Lantas diusulkan ke pemerintah dan sarana DKJ untuk menjalankan fungsi yakni sebagai penasehat Gubernur dalam bidang kesenian,"pungkasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav