KNPI Sarolangun, Martien Heran Ada Caretaker Lain

Rabu, 03 Februari 2016 - 14:04:37


/

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN– Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu telah menurunkan caretaker untuk kepengurusan DPD II KNPI Kabupaten Sarolangun. Dalam SK caretaker tersebut, Afrizal ditunjuk selaku ketua caretaker.

Turunnya SK caretaker tersebut justru mengundang reaksi dan menjadi soal bagi kepengurusan KNPI Sarolangun versi JB Martien. Martien mengaku, heran atas SK caretaker yang diterbitkan DPD I KNPI Jambi yang ditandatangani oleh Arsaniadil Fajri selaku ketua caretaker DPD I KNPI Jambi.

Pasalnya, ia mengakui bahwa dirinyalah ketua caretaker KNPI Sarolangun yang ditetapkan pada 1 Desember 2015. Dimana SK penetapan ditunjuk dirinya sebagai Caretaker ditandatanggani oleh Ketua dan Sekreteris DPD I KNPI Jambi, M Nuzul Prakasa dan Hasan Mabruri.

“Saya heran kenapa ada caretaker lain, ini perlu diklarifikasi. Karena saya lah caretaker KNPI Sarolangun yang sah,” kata Martien kepada sejumlah wartawan, seraya menunjukkan SK nomor KEP.12/DPD KNPI-XIII/JBI/XII/2015 Selasa (2/2).

Sebab akunya, DPD KNPI Jambi saat ini masih dijabat oleh M Nuzul dan sekretarisnya Hasan Mabruri. Dan sejauh ini jelasnya, sebelum Musda digelar pengurus DPD KNPI Provinsi Jambi juga belum ada di caretakerkan.

“Jangan ada dualismelah. Kalau pun ada caretaker lain itu bukanlah KNPI. Berarti mereka adalah organisasi lain,” cetus Martien lagi.

Dia menjelaskan, bahwa SK yang dipegangnya ini adalah menganut pada kongres yang digelar di Papua. Dan hasil kongres itulah sebutnya, yang saat ini diakui oleh kementerian.

“KNPI tetap satu hasil kongres di Papua,” jelasnya.

Katanya, dengan diberikan mandat dan kepercayaan dari DPD KNPI Jambi, kepada dirinya adalah untuk menjalankan roda organisasi. Dia juga menyebutkan, masa kerja Caretaker KNPI Sarolangun selama tiga bulan, mulai 1 Desember 2015 sampai 11 Maret 2016.

“Waktu dekat akan kita lakukan musda, menentukan Ketua KNPI Sarolangun selanjutnya,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Afrizal mengatakan bahwa diri mendapat mandat ditunjuk sebagai ketua Caretaker KNPI Kabupaten Sarolangun. Penunjukan dirinya sebagai ketua KNPI Kabupaten Sarolangun sesuai dengan SK Nomor KEP.01/DPD KNPI/JAMBI/I/2016, yang dikeluarkan pada 26 Januari 2016.

SK itu sebutnya, ditandatangani Ketua Caretaker DPD KNPI Provinsi Jambi, Arsaniadil dan Sekretaris Wisnu Syaputra. Dimana setelah dilakukan Kongres Luar Biasa (KLB) pada Juni 2015 lalu di Jakarta.

Sesuai dalam pasal 1 ayat dua dalam SK tersebut masa jabatan caretaker DPD KNPI Kabupaten Sarolangun berlaku selama tiga bulan terhitung mulai tanggal pengesahan.

Reporter: Charlez
Editor: Gustav