Jelang Natal & Tahun Baru Harga Bahan Pokok Mulai Melonjak

Selasa, 15 Desember 2015 - 22:14:59


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Memasuki pekan ketiga akhir tahun 2015, sejumlah komoditi bahan pokok mulai mengalami kenaikan. Hal ini terpantau dari hasil monitoring harga yang dilakukan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, disejumlah pasar tradisional dalam Kota Jambi, selasa (15/12) kemarin.

Dipasar Induk Angso Duo, misalnya, terpantau untuk harga komoditi cabai merah keriting mengalami kenaikan harga dari Rp 36.000, naik menjadi Rp 40.000 dengan persentase kenaikan sebesar 11 persen. Selanjutnya, cabai merah biasa, juga mengalami kenaikan harga dari Rp 32.000, naik menjadi Rp 38.000 atau sebesar 19 persen.

Berbeda dengan cabai merah biasa dan keriting yang mengalami kenaikan, untuk cabai rawit hijau justru mengalami penurunan harga dari Rp 30.000 turun menjadi Rp 28.000 atau sebesar 7 persen.

"Kenaikan sejumlah komoditi itu, umumnya disebabkan oleh berkurang pasokan," ujar, M Zaini, Kasi Bina Usaha Distribusi, Disperindag Provinsi Jambi.

Tidak hanya cabai merah, komoditi bawang merah juga ikut mengalami kenaikan harga, dari sebelumnya seharga Rp 26.000, naik menjadi Rp 28.000 atau sebesar 8 persen. Kenaikan itu, kata Zaini, disebabkan oleh faktor yang sama, yaitu, berkurangnya pasokan.

Lain Pasar Angso Duo, lain pula di Pasar Tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar, di dua pasar tersebut, komoditi cabai merah keriting dan biasa justru mengalami penurunan.

Meski demikian, harga untuk komoditi cabai di dua pasar itu, kata Zaini, dilakukan distributor untuk mengimbangi harga dipasar Angso Duo. "Harganya sama dengan Pasar Induk Angso Duo, Rp 40.000," pungkasnya.

Reporter: Kaspul Anwar
Editor: Gustav