Pemkab Didesak Bentuk Satgas Pilkades Serentak

Kamis, 31 Maret 2016 - 21:22:08


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN- Rapat Koordinasi Kepala Desa (Kades), Lurah dan Camat digelar diruang Pola Pemkab Sarolangun pada Kamis (31/3). Beberapa Kades mendesak Pemkab Sarolangun untuk membentuk Satgas Pengamanan Pilkades Serentak yang akan berlangsung pada Mei Mendatang.

Menanggapi hal ini, kepada sejumlah awak media, Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra menegaskan, pembentukan Satgas pengamanan menjelang berlangsungnya Pilkades serentak dirasa kurang efektif dengan situasi dan kondisi untuk saat ini.

"Saya rasa tidak tepat waktunya,"tegas H Cek Endra didampingi Wabup dan Kepala BPMPD seusai memimpin Rakor Kades.

Salah satu alasan tidak tepat, sebut bupati, yakni terkait dengan persoalan honor yang akan diberikan kepada Tim Satgas nantinya. Karena, dalam APBD murni Kabupaten Sarolangun 2016 tidak menganggarkan masalah Satgas ini.

"Kalau mengandalkan APBD-Perubahan, juga tidak akan terkejar. Saat ini kita sudah ada Linmas ditengah masyarakat,"imbuhnya.

H Cek Endra tak menepis, pengamanan Pilkades memang rawan terjadi konflik. Untuk itu dia akan segera melaksanakan apel gabungan bersama Polri/TNI, para camat sekabupaten Sarolangun, dan tentunya juga 149 orang Kades yang ada di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko ini.

"Senin depan ini kita akan mulai melakukan pencanangan mengenai pengamanan Pilkades serentak ini,"pungkasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran calon kepala desa yang bakal bertarung dalam Pilkades serentak sudah dibuka 25 Maret lalu. Pendaftaran akan dilakukan dimasing-masing panitia Pilkades di 57 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Sarolangun 11 Mei mendatang. Setiap desa minimal memiliki 2 calon dan maksimal 5 calon kepala desa.

Reporter: Carles Rangkuti
Editor: Gustav