Melanggar, Pagar Mall Lippo Dibongkar

Selasa, 05 April 2016 - 21:41:53


Mall Lippo Plazza
Mall Lippo Plazza /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Tim gabungan Pemerintah Kota Jambi melakukan pembongkaran pagar belakang Lippo Plazza siang kemarin (5/4). Pembongkaran dilakukan dalam rangka untuk taat terhadap hukum. Sebab, berdasarkan keputusan PTUN Jambi, maka pagar belakang Mall Lippo tersebut harus di bongkar. Sebab, lokasinya berdekatan dengan sungai.

Erwansyah, Asissten II Setda Kota Jambi mengatakan, pembongkaran ini atas dasar ketaatan terhadap hukum."Kita bongkar untuk mentaati hukum,"katanya. 

Ada tiga dasar pemkot melakukan eksekusi, kata Erwansyah yakni, hasil putusan PTUN, penilaian oleh KPA, dan arahan dari Menteri Lingkungan Hidup."Tiga dasar itu kita melakukan penaatan hukum. Karena kemarin pihak kementrian juga sudah menijau langsung kesini,"imbuhnya.

Erwansyah mengatakan bahwa pihak Lippo harus segera melaksanakan apa yang menjadi arahan dari PTUN, Kementrian KLHK, dan penilaian KPA Kota Jambi. Hal itu supaya mall tersebut dapat segera beroperasi.

“Masih ada 20 persen lagi yang harus benahi oleh pihal Lippo. Sisa yang 20 persen ini harus segera dipenuhi menjelang mereka melakukan opening,” ujarnya. 

Kekurangan 20 persen itu meliputi pembongkaran pagar belakang, pembuatan taman, tempat sampah, pengelolaan limbah, dan fasilitas keamanan untuk tenaga kerja.“Masalah izinnya sudah selesai, tinggal beberapa saja yang harus mereka penuhi sebelum opening,” katanya. 

Kepala BLH Kota Jambi, Evi Primawati, mengatakan bahwa pembongkaran itu sudah sesuai dengan arahan PTUN dan Kementrian KLHK.“ Termasuk juga Lippo harus memindahkan blower, untuk mengurangi kebisingan. Karena itu termasuk item yang harus mereka taati,” katanya.

Sementara itu, Pengelola Lippo Jambi, M Khairuddin, mengatakan bahwa pihaknya akan sepenuhnya mentaati rekomendasi dari aturan tersebut.“ Kita akan ikuti aturan,” ujarnya.

Dikatakannya, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh pihaknya. Salah satunya adalah pembuatan taman, pembangunan tempat sampah B3 dan pengaturan blower.

“Blower itu untuk mengatasi kebisingan, nanti akan kita tanami pohon-pohon,” katanya. Pembongkaran dikawal ketat aparat TNI, POLRI, serti disaksikan langsung oleh pihak Lippo Plazza.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav