Fasha Akan Tambah 20 Bus untuk Pelajar

Selasa, 05 April 2016 - 19:34:56


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Sebagai kota besar, Kota Jambi sudah seharusnya membutuhkan sarana transportasi massal yang baik untuk masyarakatnya. Tak terkecuali adalah bus untuk para pelajar yang ada di Kota Jambi. Hal ini guna mengurangi kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Jambi yang kerap kali macet saat jam sekolah ataupun jam pulang sekolah.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jambi sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat, untuk membantu bus sekolah di Kota Jambi. Sebab, saat ini jumlah bus sekolah yang ada belum mampu melayani pelajar di Kota Jambi.

“Kita cuma punya dua bus, dan ini belum bisa melayani sepenuhnya para pelajar di Kota Jambi,” katanya. Dia mengatakan bahwa guna melayani para pelajar di Kota Jambi, maka dibutuhkan sebanyak 20 bus. “Yang kita usulkan ke pusat 5/10 bus, tapi hingga kini belum ada jawaban,” katanya.

Fasha menambahkan bahwa untuk saat ini  belum bisa menganggarkan pembelian bus sekolah dari dana APBD Kota Jambi. Sebab, masih banyak yang lebih urgent yang harus dibenahi ketimbang untuk membeli bus sekolah.

“Masih banyak yang lebih penting, untuk pelebaran jalan, kesehatan, dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Rindang Aprianto mengatakan bahwa dua bus sekolah yang dimiliki Kota Jambi, terus melayani para pelajar setiap harinya. Pihaknya juga tengah mempersiapkan halte guna menyambut kedatangan bus massal dari pemerintah pusat.

“Sedang kita survei, dimana saja lokasinya, karena ini difokuskan untuk jalur lingkar,” katanya.

Bus bantuan dari pusat itu berkapasitas 50 an penumpang. Nantinya bisa melayani masyarakat hingga ke kabupaten di sekitar Kota Jambi. “Nantinya halte itu kalau bisa menggunakan dana CSR,” pungkasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav