Jelang Ramadhan, Stok Gas Elpiji 16 Ribu Metrik Ton

Rabu, 27 April 2016 - 19:46:37


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi berharap jelang Ramadhan 2016 ini tidak ada kelangkaan gas elpiji. Selain itu, ia juga berharap tidak terjadi kenaikan harga.

Ketua YLKI Jambi, Ibnu Kholdun, mengatakan, pihaknya meminta selama puasa pasokan gas lancar. "Jangan ada permainan yang membuat gas langka dan harganya melambung," kata Ibnu Kholdun.

“Karena tidak menutupkemungkinan jelang Ramadhan ini terjadi permainan yang berakibat pada kelangkaan dan kenaikan harga elpiji,” ujar Ibnu Kholdun.

Dia mengharap dan meminta pihak Pertamina dan Pemda untuk melakukan pengawasan ekstra terhadap penjualan gas, baik menjelang maupun ketika bulan Ramadhan mendatang.

“Harus ada stok apalagi saat bulan Ramadhan yang butuh banyak stok gas," sebutnya.

Sementara itu, Jaharuddin, Kabag Ekonomi, Setda Kota Jambi, menjamin ketersediaan stok tabung gas elpiji selama Ramadhan.

Dia mengatakan, stok gas elpiji yang tersedia di gudang sebanyak 16 ribu Metrik Ton (MT). Jika nanti stok tersebut dirasa kurang, maka harus ditambah stok.

“Tapi biasanya cukup, bahkan hingga lebaran,” katanya.

Jaharuddin juga menambahkan, bahwa dari segi harga gas elpiji juga tidak mengalami kenaikan jelang Ramadhan ini. Harga untuk elpiji 3 kilogram masih seharga Rp 16 ribu per tabung dan elpiji 12 kilogram seharga Rp 140 ribu per kilogram.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav