Fasha: Rencana Merger Ini Masih Wacana

Kamis, 28 April 2016 - 20:25:46


Walikota Jambi H Syarif Fasha
Walikota Jambi H Syarif Fasha /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha, berencana bakal menyatukan (merger) bidang atau bagian di lingkungan pemerintah Kota Jambi. Menurutnya ini terkait dengan efektivitas kerja instansi pemerintah.

Fasha mengatakan bidang dan bagian yang akan di merger yaitu bidang di Dinas Perhubungan yang akan di merger dengan Kantor Komunikasi dan Informasi, selain itu juga akan ada rencana merger bidang kebudayaan yang kini berada di Dinas Pemuda Olahraga dan Budaya Pariwisata, rencana akan di merger ke Dinas Pendidikan.

"Saya sedang mempelajari bidang budaya yang berada di Disporabudpar akan di merger ke Dinas Pendidikan, karena di pusat bidang budaya bersatu dengan dinas pendidikan," ujar Fasha, Kamis (28/4).

Meski demikian, menurut Fasha, rencana merger ini masih dalam wacana, pihaknya pun masih mengkaji efektivitas rencana merger ini.

Dia mencontohkan rencana merger antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) dengan Dinas Tata Kota dan Perumahan (Distarum) yang direncanakan pemerintah pusat, untuk di merger. Menurut Fasha, hal ini tidak bisa dilakukan.

"Kalau Distarum dan PU disatukan cukup sulit, karena di PU saja sudah kewalahan karena sudah ada 4 bidang," katanya.

Selain itu, alasan lainnya adalah tentang aturan eselon III di daerah ada batasan. Fasha juga mengatakan adanya rencana merger ini juga harus dilihat kebutuhan daerah.Karena saat ini pemerintah juga membutuhkan beberapa dinas tersebut.

Seperti di ketahui pemerintah pusat berencana akan merger beberapa dinas seperti Dinas Peridustrian merger dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UMKM.

Balitbangda merger dengan Bappeda. Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata merger ke Dinas Pendidikan. Diskominfo merger dengan Dinas Perhubungan. BPKAD merger Dispenda. BLHD merger dengan Dinas ESDM. Dinas Peternakan, Bimas Ketahanan Pangan dan Bakorluh merger dengan Dinas Pertanian. Dinas Perkebunan merger dengan Dinas Kehutanan. Bandiklat dan Sekretariat Korpri merger dengan BKD. Dinas PU dimekarkan jadi Dinas PU Bina Marga dan Perumahan Rakyat dan Dinas PU Pengairan.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav