6 Ribu Sambungan Baru PDAM Belum Bayar Uang Muka

Kamis, 28 April 2016 - 20:29:58


Ilustrasi
Ilustrasi /
RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang Kota Jambi menyebutkan, daftar tunggu sambungan pelanggan baru untuk dialiri air bersih sebanyak 6.000 sambungan, belum dipasang instalasi karena calon pelanggan belum membayar uang muka.
 
"Yang sudah masuk daftar tunggu tahun ini itu belum membayar uang muka, makanya belum dipasang meterannya," kata Direktur Utama PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Erwin Jaya.
 
Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mayang (PDAM TM) Kota Jambi mentargetkan 15 ribu sambungan di tahun 2016 ini. Oleh karena itu, masyarakat yang belum tersambungkan oleh jaringan PDAM agar segera melapor ke kelurahan setempat.
 
“Kami harap masyarakat bisa manfaatkan kesempatan ini,” ujar Erwin Jaya. Penambahan sambungan sebanyak 15 ribu ini guna meningkatkan jangkauan pendistribusian air ke masyarakat Jambi yang selama ini belum tersambungkan oleh air bersih.“ Kami menargetkan akan memasang 15 ribu sambungan langganan baru,"katanya.
 
Untuk mendukung sambungan langganan baru tersebut, PDAM Tirta Mayang Kota Jambi telah meningkatkan sarana prasarana seperti menambah bangunan instalasi penampungan air dan bangunan pengambilan air baku (intake), serta pemasangan saluran air.
 
"Masyarakat yang rumahnya belum ada sambungan air bisa menghubungi ke kelurahan masing-masing, sehingga nanti bisa kami fasilitasi untuk sambungan langganan air ini," ujarnya.
 
Erwin mengatakan di tahun 2018 pelayanan PDAM sudah 85 persen menjangkau masyarakat Kota Jambi.“ Ini sesuai Visi misi Jambi Bangkit,” sebutnya. Erwin menjelaskan bahwa realisasi dari target 15 ribu itu memang masih minim hal itu disebabkan masih ada banyak masyarakat yang belum membayar.“ Kalau sudah bayar langsung kita pasang,” katanya. Ia mengatakan bahwa daftar tunggu tahun ini sudah mencapai 6 ribuan dan baru terealisasi sekitar seribu sambungan.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Jambi, H Syarif Fasha, dalam Roadshow-nya ke beberapa kelurahan dan kecamatan di Kota Jambi. Ia berharap agar masyarakat dapat segera menghubungi lurah atau Ketua RT, jika rumahnya belum tersambungkan oleh jaringan air bersih dari PDAM.
 
“Ini kesempatan agar digunakan, karena kita berikan diskon bagi pemasangan baru,” katanya. Fasha mengatakan bahwa kini pihaknya juga telah mengganti pipa-pipa lama di PDAM agar meminimalisir kebocoran. “Pipa lama masih pakai asbes, kita ganti dengan yang kualitasnya bagus. Ini juga untuk menjaga kualitas air,” katanya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav
 
 
Â