Zola Ajak Pemuda Eksplore Jambi Lewat Film Dokumenter

Kamis, 19 Mei 2016 - 22:38:27


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Gubenur Jambi, H Zumi Zola, mendorong generasi muda Jambi untuk mengeksplor Provinsi Jambi dalam bentuk film dokumenter. Hal itu disampaikan Gubernur dalam dalam Eagle Roadshow Indonesia Sehat, Eagle Award Documentary Competition, di Aula Rektorat Universitas Jambi (Unja), Kampus Mendalo, Kamis (19/5) siang, kemarin.

Menurut Zola, kedatangan tim Eagle Institute ke Provinsi Jambi merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Jambi, terutama bagi pemuda Jambi untuk mengangkat Jambi dalam film dokumenter.

“Film dokumenter itu punya kekhasan dibandingkan dengan jenis film yang biasa kita tonton di bioskop, dalam film dokumenter, nilai idealismenya tinggi, kejujurannya sangat tinggi, informasinya sangat padat. Saya pikir, ini peluang bagus untuk menjadi salah satu pilihan bagi pemuda di Jambi untuk berkontribusi mengenalkan Jambi melalui film dokumenter,” ujar Zola.

Zola mengatakan, banyak bahan untuk dijadikan film dokumenter di Provinsi Jambi, mulai dari suku tertua di Kerinci sampai Tanjung Jabung Timur.

"Suku Anak Dalam yang pernah dijadikan film di layar lebar Sokola Rimba saja mendapat respon positif. Apalagi kalau di eksplore lebih dalam lagi. Kita mempunyai banyak bahan, ini tantangan bagi pemuda Jambi,” sebut Zola.

Zola berharap, film dokumenter ini menjadi trigger (pemicu) untuk anak-anak muda di Jambi. "Yuk, kita berkarya. Film dokumenter itu tidak sulit, dengan menggunakan handycam bisa, tidak perlu berpikir yang rumit-rumit, tinggal kekuatan intinya adalah di ide, ide apa yang disampaikan dalam film dokumenter itu,” ajak Zola.

“Saya optimis, banyak sekali yang bisa dieksplor dan nanti bisa sampai ke tingkat Nasional. Selain SAD, mungkin bisa diangkat dedikasi dari tenaga pendidik dan dedikasi dari tenaga pengajar yang bekerja di pedalaman. Misalnya, kemarin saya bertemu dengan seorang dokter yang sudah mengabdikan dirinya di pedalaman untuk Suku Anak Dalam selama 15 tahun. Ini menjadi suatu inspirasi luar biasa. Selain itu, mungkin bisa juga diangkat tentang semangat tinggi anak-anak yang ingin sekolah di pedalaman,” pungkas Zola.

Reporter: Kaspul                                                                                                                                                                                 Editor: Gustav