WNA Resahkan Warga Marigeh

Rabu, 25 Mei 2016 - 21:19:52


/

RADARJAMBI.CO.ID, MUARABUNGO– Warga Negara Asing (WNA) asal Thailand yang berada di Kampung Marigeh, Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo yang bernama Abe ternyata meresahkan masyarakat. Pasalnya, sering kali melakukan tindakan arogan dan menyerobot lahan warga.

Darwis (32) salah satu warga Kampung Marigeh yang juga salah satu korban Abe saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kebunnya sering kali disadap oleh WNA asal Thailand tersebut.

“Setahu kami dia orang Thailand, dan dia selalu memotong karet sayo, kini sayo dak berani lagi nyadap karet, pasalnya, kalau ketemu dia sering bertindak arogan,"katanya.

Disampaikannya, dirinya telah melaporkan kejadian tersebut dengan pihak pemangku adat yaitu Datuk Rio Sungai Telang dan kepala Kampung Marigeh, untuk menindak lanjuti kejadian tersebut.

Informasi yang diperoleh dari warga setempat, warga enggan berurusan dengan Abe, karena yang bersangkutan cenderung arogan. Jika berselisih paham dengan warga, Abe tidak segan-segan langsung memukul bahkan mengejar warga dengan senjata tajam.

Sementara itu, Lukman, Kepala Kampung Marigeh, membenarkan kejadian tersebut dan sudah melakukan rapat agar Abe keluar dari Kampung Marigeh.

”Kami sudah rapat dan negosiasi, agar Abe beranjak dari kampung kami, tapi Abe dak mau sampai sekarang,” ucap Lukman.

Untuk menindak lanjuti kejadian tersebut, pihak Kepala Kampung telah melaporkan masalah tesebut ke Kesbangpol Kabupaten Bungo, dan Polres Bungo, atas keresahan di Kampung Marigeh, Dusun Sungai Telang.

Terpisah, Iptu Hardis, Kapolsek Rantau Pandan, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada WNA di wilayah hukumnya, namun dirinya membantah kalau WNA tersebut meresahkan masyarakat.

"Memang ada WNA disini, kalau tidak salah sudah empat tahun berada di Marigeh, tapi setahu saya tidak meresahkan masyarakat dan menggarap lahan kebun miliknya sendiri,"paparnya.

Saat ditanya tentang legalitas WNA tersebut, Iptu Hardis, tidak mengetahui pasti. Dirinya hanya mengetahui ada WNA yang berada di Kecamatan Bathin Tiga Ulu.

"Kalau WNA asal mana, saya tidak tahu persis, yang pasti setahu saya WNA itu menggarap kebunnya sendiri,"tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbagpol Bungo Indones belum bisa dikonfirmasi.

Reporter: Rudi
Editor: Gustav