Zola Dorong Lomba Biduk Jadi Even Nasional

Selasa, 12 Juli 2016 - 22:08:55


Gubernur Jambi, Zumi Zola saat melepas peserta lomba biduk di Sungai Batang Tembesi, kemarin.
Gubernur Jambi, Zumi Zola saat melepas peserta lomba biduk di Sungai Batang Tembesi, kemarin. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI-Gubernur Jambi, H Zumi Zola, mendorong lomba pacu perahu (biduk) di Kabupaten Sarolangun menjadi agenda pariwisata Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan langsung Gubernur Zola, saat membuka even tahunan lomba pacu perahu tradisional di Sungai Batang Tembesi depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun, Selasa (12/7) siang, kemarin.

Dikatakannya, sebagai even turun temurun, pacu perahu tradisional perlu dilestarikan menjadi agenda pariwisata sekaligus even Nasional.

“Budaya turun temurun ini harus terus kita lestarikan, kalau perlu dijadikan agenda pariwisata Provinsi Jambi dan menjadi bagian dari even Nasional,” ujar Zola.

Lomba pacu perahu tradisional ini juga, menurut Zola, sangat positif, ditambah seluruh pesertanya terdiri dari pemuda.

“Ini sangat bagus, khususnya untuk memberikan kesempatan bagi pemuda-pemuda kita untuk berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional, khususnya dibidang pacu perahus tradisional ini,” kata Zola.

Senada, Bupati Sarolangun, H Cek Endra, juga berharap agar Lomba Pacu Perahu Tradisional tetap dilestarikan. Ia juga menghimbau, perhelatan even tahunan itu berjalan sukses dan lancar.

“Junjung tinggi sportivitas dan jaga ketertiban,” pinta CE, sapaan akrab Bupati Sarolangun tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sarolangun yang juga Ketua Panitia Lomba Pacu Perahu Tradisional, H Saeful, dalam laporannya menyampaikan, bahwa lomba pacu perahu itu rutin diselenggarakan setiap tahunnya, dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Saeful juga menerangkan, bahwa yang diperebutkan dalam perlombaan tersebut adalah Piala Bergilir Bupati Sarolangun, Gubernur Jambi, dan Piala Tetap Bupati Sarolangun.

“Tahun ini menjadi tahun kedua memperebutkan Piala Gubernur Jambi. Tahun lalu tipe A dan B diraih Klub Gading Batuah," tutur Saeful.

Saeful mengungkapkan, bahwa diantara peserta 6 orang diantaranya menjadi atlet PON dan 1 orang diantaranya menjadi atlet Pelatnas. Prestasi yang diraih Tim Lomba Pacu Perahu Tradisional Kabupaten Sarolangun juga, akunya, cukup gemilang, seperti pada tahun 2013 juara 1 Lomba Traditional Boat di Padang, tahun 2014 juara 2, dan tahun 2015 juara 1, Juara 1 International Driven Boat di Tanjung Pinang Tahun 2014 mengalahkan Thailand dan juara 2 pada tahun 2015 dikalahkan oleh Jawa Timur, Juara 1 tahun 2013 dalam rangka HUT Provinsi Jambi, dan tahun 2014 juara juara 1 dalam rangka HUT Kota Jambi.

Reporter: Kaspul Anwar
Editor: Gustav