Pengadaan Buku di Perpustakaan Setahun Hanya 136 Judul Buku

Selasa, 12 Juli 2016 - 22:14:04


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI-Dalam satu tahun, untuk pengadaan buku di Perpustakaan Kota Jambi cukup minim. Bahkan, untuk pengadaan buku hingga akhir 2015 hanya sebanyak 136 judul buku dengan jumlah 374 eksemplar buku. Jumlah ini tentunya sangat sedikit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pelajar maupun mahasiswa.

Menurut Hasya Yanto, Sekretaris Badan Perpustakaan Kota Jambi bahwa sedikitnya jumlah pengadaan buku yang ada di Kota Jambi, dikarenakan anggaran dari APBD yang sangat minim setiap tahunnya. Sehingga jumlah buku yang dibelipun sedikit.     "Dalam satu tahun, anggaran untuk pengadaan buku hanya sekitar Rp 100 jutaan. Angka ini tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun,"ujarnya.

Untuk tahun 2014 lalu, pengadaan buku dari APBD sebanyak 460 judul buku dengan jumlah sebanyak 885 eksemplar.

"Untuk satu judul buku tersedia 5 buah buku. Untuk tahun 2016 ini kita hanya sediakan 3 buku untuk satu judul buku mengingat dana yang terbatas,"sebutnya.

Ditambahkannya lagi, setiap tahun, harga buku mengalami kenaikan. Sehingga dengan dana anggaran yang hanya terbatas tersebut, jumlah buku yang tersedia semakin sedikit.

"Untuk buku ensiklopedia ataupun buku untuk kesehatan yang cukup mahal. Sehingga kita berharap kedepannya anggaran untuk pengadaan untuk buku bisa ditingkatkan,"harapnya.

Hingga saat ini, secara keseluruhan ada sekitar 18.745 judul buku dengan jumlah sebanyai 42074 eksemplar koleksi buku.

Hasya Yanto juga mengeluhkan banyaknya fasilitas perpustakaan yang rusak. Seperti 6 unit komputer untuk pengunjung dan beberapa AC yang juga ikut rusak. Fasilitas tersebut hingga kini tidak bisa digunakan. Sehingga pengunjung tidak bisa lagi menggunakan fasilitas internet maupun komputer. Fasilitas lainnya yang dikeluhkan adalah bocornya beberap bagian atap perpustakaan, sehingga jika hujan, maka air akan menggenangi sebagian perpustakaan.

"Anggaran untuk perpustakaan sangat minim. Sehingga untuk memperbaiki beberapa fasilitas saja hingga saat ini belum terealisasi,"ujarnya.

Hingga saat ini, jumlah pengunjung setiap harinya berkisar 80an pengunjung. Baik pelajar, anak-anak, mahasiswa maupun masyarakat umum. "Jumlah ini termasuk sedikit. Kita berharap kedepannya jumlah pengunjung bisa lebih banyak lagi,"pungkasnya.


Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav