Batas Waktu PPDB Gelombang Kedua Hingga Jumat

Senin, 18 Juli 2016 - 22:17:12


Walikota Jambi bersama Sekda, Kadisdik dan Kabag Humas, saat konferensi pers terkait PPDB.
Walikota Jambi bersama Sekda, Kadisdik dan Kabag Humas, saat konferensi pers terkait PPDB. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Bertempat di ruang utama Walikota Jambi, Senin siang (18/9) kemarin, berlangsung konferensi pers terkait PPDB tahun ajaran 2016/2017. Pertemuan tersebut, terkait Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi melalui SK Walikota akan menambah calon siswa yang belum lulus, untuk kembali mendaftar di sekolah negeri atau membuka gelombang kedua pendaftaran PPDB, dengan mengecek kuantitas sekolah yang dituju.

"Kita akan membuka gelombang kedua sekaligus terakhir PPDB, karena melihat masih banyak animo masyarakat, namun belum tertampung di sekolah negeri,"ujar Fasha, kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Dijelaskan Fasha, jumlah siswa masih mengikuti aturan sebelumnya, dimana satu kelas diisi 30 hingga 32 siswa dengan jumlah kelas yang tersedia disetiap sekolah.
Fasha juga menambahkan, bahwa hal ini sudah dibicarakan bersama Gubernur Jambi sebelum melakukan konferensi pers, sehingga masih memungkinkan akan menambah jumlah siswa dengan kesepakatan berbagai pertimbangan akan ditambah kuota untuk SMP negeri 1.756 siswa, SMA negeri 952 siswa, SMK negeri 622 siswa.

"Tadi saya sudah menyampaikan kepada pak Gubernur akan menambah kuota  gelombang kedua dengan rincian SMP 1.756, 952, SMA, SMK 622," urai Fasha.

Namun dalam hal ini, Kepala Sekolah tidak boleh menentukan sendiri siswa yang mendaftar, melainkan Dinas Pendidikan yang mengatur agar ada pemerataan selain itu juga memikirkan sekolah swasta.

"Sejauh ini kebanyakan pendaftar menumpuk di 3 sekolah, jadi kami mau meratakan setiap sekolah dan memikirkan sekolah swasta,"tambahnya.

Pendaftaran gelombang kedua PPDB sudah dimulai hari ini, namun calon siswa yang ingin ikut gelombang kedua tidak perlu mendaftar lagi, kata Fasha, karena sudah terdaftar dan Dinas Pendidikan yang menghandle calon siswa untuk masuk ke sekolah yang dituju.

"Dalam hal ini Disdik yang akan mengurus mereka yang kemarin sudah terdaftar dengan juknis akan dilihat dari tempat tinggal, karena misal mereka yang tinggal di Jambi Selatan akan diakomodir di sekolah sekitar Jambi Selatan. Dan kita lihat hingga hari Jumat, melihat lagi daya tampung sekolah yang dituju dan akan diumumkan oleh Disdik,"pungkasnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav