Pemkot Jambi Gelar HAN 2016 Bersama 300 Anak

Minggu, 24 Juli 2016 - 22:45:08


Wakil Walikota Jambi H. Abdullah Sani melepas peserta Wisata Anak
Wakil Walikota Jambi H. Abdullah Sani melepas peserta Wisata Anak "City Tour Jambi" /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menyelenggarakan acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2016 bersama 300 anak. Kegiatan peringatan HAN di Kota Jambi bertemakan Akhiri Kekerasan Pada Anak ini diikuti peserta mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA di Kota Jambi. Para siswa ini diajak keliling mengitari tempat – tempat wisata yang ada di Kota Jambi diantaranya adalah Museum Siginjai, Rumah Batu, dan lain sebagainya.

"Acara ini dihadiri oleh 300 anak, sengaja kita bawa jalan-jalan ke tempat-tempat wisata agar mereka mengenal sejarah, budaya," kata Kepala BPPKB Kota Jambi, Rasyid Ridho.

Menurut dia, tema tersebut, dipilih karena anak merupakan tunas bangsa yang harus dibentuk agar memiliki kepribadian yang baik dan berkarakter, melalui pembentukan konsep diri yang positif yang diperoleh dari lingkungan dan keluarga di mana anak itu dibesarkan.

Ketua TP. PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha foto bersama peserta Wisata Anak City Tour Jambi.

"Sedangkan kegiatan ini digelar untuk memenuhi salah satu hak dasar anak, yakni hak berekreasi, sehingga anak memperoleh kesempatan untuk bermain sambil belajar, sekaligus mendapat teman baru," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha mengatakan hal positif yang diangkat pada peringatan HAN 2016 ini adalah mengakhiri kekerasan pada anak. Sebagai orang tua kita harus senantiasa membangkitkan nilai pada generasi muda, mulai dari sejarah, kepahlawanan, dan tokoh sejarah. Hal itu guna menumbuhkan idealisme, dan anak dapat mengenal warisan budaya bangsa dan melestarikannya.

Selain itu, Yuliana menambahkan bahwa sebagai orang tua harus mampu menjadi contoh bagi anak. Para orang tua juga diharapkan tidak mendidik anak dengan cara kekerasan. Selain itu, diharapkan pula kesadaran semua pihak akan hak dan kewajiban anak.

“Kalau sudah begitu diharapkan pelecehan kasus seksual terhadap juga tidak ada lagi,” katanya.

Ditambahkannya, dalam mendidik anak tidak bisa seluruhnya di serahkan kepada ibu. Akan tetapi juga dibutuhkan peran ayah dalam mendidik anak sehingga anak dapat pendidikan yang baik dalam keluarga.(advertorial)