Munas APEKSI V, Ekonomi Masyarakat Jambi Pun Ikut Terdongkrak

Rabu, 27 Juli 2016 - 20:34:07


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Kota Jambi mulai hari ini hingga besok akan berdampak positif bagi perekonomian kota Jambi.

“Kegiatan skala nasional seperti Munas Apeksi V ini tentunya bisa berdampak multiplier effect bagi perekonomian Jambi,” terang Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu (26/7/2016).

Ia menyampaikan dengan kegiatan nasional itu, akan banyak delegasi perwakilan kota dari seluruh Indonesia yang datang ke Jambi. Secara langsung, itu bisa berdampak pada tingkat hunian kamar hotel menjadi penuh. Begitu pula dengan restoran yang menyediakan berbagai macam kuliner daerah, mereka laris manis.

“Para tamu peserta Munas Apeksi ini pastinya akan belanja sehingga menjadikan perputaran uang di Kota Jambi semakin besar. Ini memberikan harapan bagi pelaku usaha dan masyarakat dari sisi ekonomi,” ungkap Syarif.

Karena itu, diharapkan ajang tersebut juga bisa meningkatkan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) Jambi hingga Rp300 miliar pada tahun ini dari PAD 2015 sebesar Rp286 miliar.

Munas Apeksi V di Kota Jambi yang diselenggarakan dua hari itu akan dihadiri sekitar 4.000-5.000 peserta dari perwakilan kota di seluruh Indonesia.

Sejumlah persiapan telah dilakukan. Ada tiga hotel besar di Kota Jambi siap menampung 4.000-5.000 peserta Munas Apeksi. Agar peserta yang datang nyaman dan menikmati suasana di sekitar perhotelan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha pun mengimbau di sekitar hotel disediakan taman dan ruang terbuka hijau.

Bukan hanya taman terbuka hijau, pengelola hotel harus mengedepankan konten lokal Jambi pada ornamen dinding hotel berupa tampilan batik Jambi seperti motif batik angso duo dan konten lokal lainnya.

Apalagi, kata Syarif, pada kegiatan skala nasional ini nantinya juga diperkenalkan potensi-potensi Jambi kepada para peserta dari luar Jambi. “Untuk itu, kami berharap ajang ini akan membawa dampak terhadap perkembangan kota Jambi,” pungkas Syarif.

Tidak asal pilih

Direktur Eksekutif Apeksi Sarimun Hadi Saputra menyampaikan penunjukan Kota Jambi sebagai tuan rumah Munas Apkesi V tersebut berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional Apeksi di Kota Ambon, yang didasarkan hasil penilaian terlebih dahulu.

“Kota Jambi sangat beruntung bisa menjadi tuan rumah Munas Apeksi lantaran kriteria persyaratan ditunjuknya sebagai tuan rumah tersebut tidak asal tunjuk, tapi dipercayakan berdasarkan hasil penilaian,” kata Sarimun.

Munas Apeksi di Jambi, ia melanjutkan, akan lebih membawa konsep memperkenalkan kota masingmasing.

Selain itu digelar kegiatan tahunan Indonesia City Expo 2016 dan berbagai kegiatan lainnya. Pada Munas Apeksi V yang akan membahas tema Implementasi Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah itu nantinya akan disusun program kerja serta dewan kepengurusan yang baru.

“Yang akan kami bahas di antaranya menyangkut masalah bagaimana implementasi UU No 23 tersebut, dana transfer dari pusat ke daerah, serta masalah sistem administrasi kepegawaian aparatur sipil negara (ASN) yang diatur dalam UU No 5 Tahun 2014,” terang Sarimun.

Ia berharap untuk pembahasan masalah UU No 23/2014 dan UU No 5/2014 itu, akan ada rekomendasi yang menonjol untuk usul revisi kedua undang-undang tersebut kepada pemerintah. (advertorial)