Vicky: Munas APEKSI V Sangat Strategis untuk Keberlanjutan Otonomi Daerah Kita Kedepan

Rabu, 27 Juli 2016 - 20:48:22


Walikota Menado Vicky Lumentu dan Walikota Jambi H. Syarif Fasha saat diwawancarai.
Walikota Menado Vicky Lumentu dan Walikota Jambi H. Syarif Fasha saat diwawancarai. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota (Munas APEKSI) ke V akan dilaksanakan di Abadi Convetion Center (ACC) Kota Jambi. Tema yang diangkat dalam munas tersebut antara lain mengenai Strategi Pelaksanaan Otonomi Pasca Uandang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Vicky Lumentu Wali Kota Menado yang juga selaku Ketua Apeksi mengatakan, sebelumnya saya ingin menyampaikan dulu selamat kepada Walikota Jambi yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Munas Apeksi ke V.

"Saya sangat berterima kasih kepada Wali Kota Jambi beserta jajaran atas penyambutan kepada seluruh Walikota peserta munas Apeksi, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dengan oenyambutan yang sangat akrab tadi,"katanya.

Vicky juga menambahkan, kita akan ada disini dalam pelaksanaan munas ysng akan berakhir pada tanggal 31 Juli nanti. Dan rangkaian kegiatan munas itu sendiri nanti akan berakhir pada tanggal 29 Juli serta dirangkai dengan kegiatan Indonesia City Expo. Kita akan banyak membahas dalam munas kali ini tentang implementasi pelaksanaan atau pasca UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, disana akan kita bicarakan tentang otonomi daerah yang diikuti ada beberapa kementrian dan diharapkan akan memberikan pencerahan kepada 98 Wali Kota seluruh Indonesia. Kita ingin banyak menggali lagi soal pelaksaan UU ini, karena ada beberapa hal yang tentu menurut hemat dari kawan-kawan walikota anggota Apeksi mulai tidak sejalan dengan penerapan otonomi daerah.

"Kecendurungan sudah ada ditarik-tarik lagi kita ingin lihat, contohnya dibidang pendidikan dan sekarang ini kebijakan ditarik ke provinsi khusus untuk penanganan pendidikan menengah keatas yang dibawah tinggal SD sama SLTP saja, ini menurut kami nanti sudah tidak sejalan dengan kebijakan Bupati maupun Walikota dalam rangka mempersiapkan daerahnya. Hal ini akan kita coba bicarakan lagi dan kemudian ada lain-lain yang terkait dengan ASN,"tambahnya.

Menurutnya lagi, terkait dengan ASN ini udah mulai mau ditarik keatas kembali dan untuk bidang kelautan, kehutanan ada banyak hal  teman-teman menyorotinya perlu dibicarakan lagi dengan pemerintah pusat terkait dengan singkronisasinya UU 23 ini.

"Sekiranya itu yang banyak akan dibicarakan, makanya bagi saya pelaksanaan munas Apeksi ke V ini sangat strategis untuk keberlanjutan otonomi daerah kita kedepan,"ujarnya.

Sebagian besar teman-teman walikota dalam beberapa kali kita melakukan kegiatan seminar lain tentang membicarakan point pendidikan ini, teman-teman walikota  menghendaki tetap ada didaerah agar sejalan dengan pemberian.

Mengenai urusan kebijakan otonomi daerah serahkan kepada kita, untuk kita mempersiapkan sumber daya manusia didaerah iya harus kita ikut bersama dari awal dan kalau ada yang putus, ya program kitakan tidak akan nyambung. Terkait dengan judical view ke MK tentang kebijakan SLTA  yang akan diambil alih oleh provinsi  oleh salah satu Walikota yang anggota Apeksi itu adalah terwakilan dari kita,  tetapi jika permasalahan tersebut juga belum selesai di Munas Apeksi ke V akan menjadi suatu pembahasan yang akan menghasilakan rekomendasi yang baru dan serta untuk menghasilkan kepengurusan Apeksi masa bakti 2016-2020,"pungkasnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav