Walikota Bandung Siap Mencalonkan Jadi Ketua APEKSI

Kamis, 28 Juli 2016 - 00:02:22


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Pemilihan Dewan Pengurus APEKSI akan dilaksanakan Kamis (28/7/2016), setelah kegiatan penanaman pohon di Hutan Kota. Beberapa nama mulai bermunculan menyatakan kesiapannya maju sebagai ketua.

Setelah sebelumnya Walikota Jambi Syarif Fasha yang menyatakan siap maju jika dipercaya oleh rekan-rekannya sesama walikota, kini giliran Walikota Bandung, Ridwan Kamil, yang siap maju sebagai ketua APEKSI periode 2016-2020.

“Saya kira kita ikuti acaranya besok seperti apa, kita belum tahu siapa-siapa calonnya,” kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa kang Emil itu juga menuturkan bahwa jika ada suara yang memberi aspirasi dirinya akan mencoba mengakomodir suara tersebut. Dikatakannya, ia tidak ada persiapan dan strategi khusus untuk maju sebagai ketua.

“Tidak ada persiapan khusus ataupun pendekatan-pendekatan, saya coba ikuti demokrasi yang santun ajalah,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa ia juga sepakat jika Ridwan Kamil maju sebagai calon ketua. Sebab, secara geografis Bandung memiliki letak geografis yang dekat dengan pemerintahan pusat. Hal itu akan memudahkan koordinasi-koordinasi jika ada hal-hal yang ingin disampaikan oleh para walikota se-Indonesia.

“Saya pikir itu akan lebih baik, karena memiliki kedekatan wilayah dengan pemerintah pusat,” katanya.

Fasha mengatakan bahwa, tantangan ke depan yang akan di hadapi oleh pemerintahan Kota di Indonesia akan sangat beragam. Diantaranya adalah arus urbanisasi. Oleh karena itu, sosok ketua Apeksi harus mampu mengakomodir permasalahan di tiap-tiap kota di Indonesia.

“Harus mampu menyamakan persepsi karena tantangan ke depan adalah kita sudah memasuki MEA,” ujarnya.

Fasha mengatakan, sejauh ini dirinya juga belum melakukan komunikasi-komunikasi dengan Walikota lainnya.

“Kita lihat saja nanti mekanismenya seperti apa,” pungkasnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav