Fasha : Ditahun 2025 Nanti 60 Persen Penduduk Indonesia Berada Diperkotaan

Rabu, 27 Juli 2016 - 20:52:51


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Para walikota di seluruh Indonesia yang hadir pada pelaksanaan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Munas APEKSI) ke-V di Kota Jambi dijamu makan malam "Welcome Dinner". Jamuan makan malam penyambutan para walikota tersebut dilaksanakan di Ratu Convention Center (RCC).

Pada jamuan makan malam Welcome dinner para walikota yang hadir tersebut tampak akrab saling menyapa satu sama lain dan saling bersalaman. Dari seluruh walikota di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang hadir tersebut tampak mengenakan busana batik.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha mengatakan, bahwa malam ini adalah rangkaian Welcome Dinner untuk penyambutan kepada semua walikota se Indonesia peserta  Munas Apeksi.

"Memang sengaja kita kumpulkan karena banyak sesama walikota yang belum begitu mengenal satu dengan yang lainnya, tapi malam ini semuanya saling mengenal dan penuh keakraban,"katanya.

Fasha juga berharap dengan adanya malam silaturahmi dan keakrab ini, sehingga besok juga akan keluar rekomendasi program yang lebih baik lagi untuk 4 tahun kedepan.

"Karena kita tahu bahwasanya ditahun 2025 nanti 60 persen penduduk Indonesia ini berada diperkotaan, maka untuk itu kita samakan presepsi antara pemerintah kota se-Indonesia bagaimana bonus demografi ini jangan menjadi musibah tapi menjadi anugrah bagi 98 kota nantinya,"harapnya.

Fasha juga menambahkan, kalau tema yang diangkat dalam munas Apeksi itu adalah pasca penerapan UU 23 Tahun 2014, kami juga merasakan bahwa UU 23 Tahun 2014 sudah sangat jauh melenceng dari pada semangat otonomi daerah, yang selama ini dikabupaten kota dulunya itu pelaksanaan otonomi. "Di Undang-undang 23 Tahun 2014 ini banyak pelimpahan kewenangan yang tidak ada lagi pada kota khususnya, yang nanti kita bahas dalam Munas Apeksi ini. Hasil rekomendasi ini akan kita serahkan kepada pemerintah pusat dan DPR-RI nantinya,"imbuhnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav