Munas Apeksi Berlangsung Sukses, Kota Jambi Kembali Menjadi Tuan Rumah Event Nasional

Rabu, 03 Agustus 2016 - 14:06:10


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI - Rangkaian perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) ke V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2016 di Kota Jambi, Minggu (31/7) resmi ditutup oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang ditandai dengan penutupan Indonesia City Expo 2016.

Pertemuan Wali Kota se Indonesia itu tidak hanya menetapkan program kerja, memilih pengurus baru serta mengeluarkan rekomendasi, namun Munas juga dirangkai dengan berbagai kegiatan yang sangat variatif, seperti Pawai Budaya Nusantara yang menampilkan keanekaragaman seni budaya dari berbagai daerah di nusantara. Menariknya parade budaya tersebut juga diikuti Wali Kota dari seluruh peserta Apeksi. 91 Wali Kota itu tampil dengan menggunakan pakaian khas adat daerah masing-masing yang diikuti dengan tampilan seni budaya dan fashion daerah.

Selain Pawai Budaya Nusantara, pada perhelatan Munas juga digelar pameran produk unggulan Indonesia City Expo (ICE). Dalam arena pameran yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 31 Juli 2016 tersebut juga ditampilkan seni budaya dari berbagai daerah di nusantara. Pameran juga menyediakan pasar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dari seluruh Indonesia khususnya UMKM yang di Kota Jambi.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan giat penghijauan oleh para Wali Kota di kawasan hutan kota H. M. Sabki yang akan menjadi Arboretum Pohon Nusantara.

Munas Apeksi yang dihadiri hampir 5 ribu orang itu juga berdampak pada bergeliatnya ekonomi di Kota Jambi. Hal itu terlihat dari tingginya kunjungan hotel, rumah makan, sentra-sentra ekonomi lain seperti kuliner khas daerah, kerajinan, dan batik Jambi termasuk gerai-gerai UMKM pun laris manis.

Bagi Kota Jambi kegiatan tersebut menjadi media promosi yang luar biasa masifnya. Apalagi event nasional tersebut juga menimbulkan multi player effect mulai dari sektor jasa dan pariwisata hingga terdongkraknya ekonomi Kota Jambi.

Tingkat kepercayaan yang tinggi dari Pemerintah pusat dan swasta kepada Kota Jambi ditunjukkan dengan kembali dipercayanya Kota Jambi menjadi tuan rumah penyelenggaraan event berkelas nasional. Pada tanggal 4 hingga 7 Agustus yang akan datang Kota Jambi kembali dipercaya menjadi tuan rumah event nasional yaitu Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri tahun 2016 yang akan digelar di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi. (advertorial)