Pemkab Bertekad Optimalkan Fungsi Bandara Depati Parbo

Rabu, 10 Agustus 2016 - 22:27:43


Landasan pacu Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci akan ditambah.
Landasan pacu Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci akan ditambah. /

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI- Bupati Kerinci, H Adirozal saat rapat koordinasi pembebasan lahan dengan pihak Bandara Depati Parbo, Rabu (10/8), bertekad mengoptimalkan fungsi bandara Depati Parbo.

Rapat yang bertempat diruang tunggu Bandara Depati Parbo yang dipimpin langsung oleh Bupati Kerinci, H Adirozal yang dihadiri oleh Sekda Kerinci H Afrizal HS, Wakil Ketua DPRD Kerinci, Murtias, Kadis PU, Dishub, DPPKA, Kabag Hukum, Camat Setinjau Laut dan pihak Bandara Depati Parbo.

Bupati Kerinci, Adirozal mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk menindak lanjuti perintah Presiden RI, Joko Widodo kepada Bupati Kerinci agar Pemkab Kerinci menyiapkan lahan untuk pengembangan Bandara Depati Parbo.

"Saya mendapat perintah dari pak Presiden, untuk menyiapkan lahan, makanya kita sampaikan kepada DPRD dan pihak bandara Depati Parbo," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kerinci, Murtias mengatakan bahwa DPRD Kerinci mendukung program dari Presiden RI, dan menyambut baik pengembangan bandara Depati Parbo.

"Nanti pada pembahasan anggaran akan kita anggarkan untuk pengembangan bandara Depati Parbo, jika tidak bisa dianggarkan pada APBD perubahan, akan kita akan anggarkan pada APBD tahun 2017 mendatang," katanya.

Menurut Adirozal, hal ini berkaitan dengan ditetapkannya Kerinci sebagai branding pariwasata Provinsi Jambi, makanya mengoptimalkan fungsi bandara sangatlah perlu. Dirinya juga menyiapkan beberapa program. Diantaranya, penambahan lintasan pacu.

"Kita akan menambah lintasan pacu bandara, agar pesawat komersil bisa masuk ke Kerinci,"ungkap Adirozal.

Selain hal tersebut, penuturan Adirozal, setelah Kerinci ditetapkan sebagai branding pariwisata kementrian pariwisata menargetkan 17.000 wisatawan untuk Provinsi Jambi.

"Wisatawan hingga bulan Mei tahun 2016 yang masuk ke Kerinci saja sudah 4.000 wisatawan mancanegara, jumlah ini akan bertambah jika ada akses transportasi udara,"tandas Adirozal.

Reporter: Soni Maryadi
Editor: Gustav