Masnah Resmikan Rumah Tunggu Kelahiran

Senin, 04 September 2017 - 19:57:19


/

RADARJAMBI.CO.ID, SENGETI-Bupati Muarojambi Hj Masnah Busroh meminta agar warga tidak membuang air besar (BAB) di sembarang tempat. Hal ini diterapkan dalam rangka menciptakan kebersihan lingkungan. 

"Jangan BAB sembarangan dan jangan buang sampah sembarangan. Agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Baik penyakit menular maupun tidak menular saya meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan," tutur Bupati, pada acara gerakan masyarkat sehat (Germas), Minggu. 

Selain itu Bupati, juga berpesan kepada masyarakat untuk melakukan hidup sehat dengan cara beraktivitas fisik, makan sayur dan buah, dan rutin memeriksa kesehatan.

"Mari hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik dan mengkomsumsi sayur dan buah. Jika ada gangguan kesehatan segera memerikasakan diri ke Puskesmas," sebut Masnah.

Lebih lanjut Masnah menjelaskan, jika lingkungan kotor maka bibit penyakit akan gampang hinggap.

"Kalau kita hidup di lingkungan yang kotor maka penyakit dengan mudah akan menyerang kita," imbuh Masnah.

Jika masyarakat sudah hidup bersih lanjut bupati, maka masyarakat Muarojambi akan menjadi masyarakat yang sehat dan selalu terhindar dari penyakit.

"Di dalam lingkungan yang bersih akan terhindar dari segala penyakit," tukas Masnah
Dalam acara tersebut, Masnah juga meresmikan Rumah Tunggu Kelahiran, di sejumlah titik di Muarojambi.

Rumah Tunggu Kelahiran ini, dibuat untuk membantu ibu-ibu hamil yang mendekati masa kelahiran. Namun terkendala dengan jarak tempat tinggal yang jauh dari rumah sakit atau puskesmas.

"Rumah ini dibuat untuk membantu meringankan beban ibu-ibu dan keluarga yang hendak bersalin. Kita beri pelayanan pemeriksaan kesehatan, serta tempat tinggal sementara bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan, sehingga tidak repot untuk bolak balik kerumah ke puskesmas, secara geratis," sebut Masnah.

Masna berharap, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan, demi kesahatan Ibu dan anak.

"Iya, mudah-mudahan ini dapat membantu bagi mereka yang hendak bersalin di puskesmas," ujar Masnah.

Rumah tunggu kelahiran ini nantinya akan beroperasi selama 24 jam, serta di lengkapi dengan fasilitas tempat tidur, bagi ibu-ibu yang sedang menunggu persalinan.

Dalam kesempatan ini Masnah meresmikan sepuluh titik rumah tunggu kelahiran yang tersebar di Kabupaten Muarojambi.

Adapun titik-titik tersebut iyalah di Sengeti, Sungai Bahar, Sungai Gelam, Simpang Sungai Duren, Jambi Kecil, Sungai Bahar VII, Tempino, Muaro Kumpe, Tanjung, Tangkit. Peresmian dilaksanakan, di Lapangan Sepak Bola Desa Senaung, Kecamatan Jaluko, Muarojambi, Bersamaan dengan kegiatan Deklarasi Gerakan Masyarakat Sehat Kecamatan Jaluko Muarojambi. 

 

Reporter: Ansori Salim