MenPAN-RB Buka Signal Tes CPNS 2018 di Sarolangun

Rabu, 10 Januari 2018 - 15:24:06


Kepala BKPSDM, Sudirman ME bersama Kabid Diklat dan Kabid Mutasi.dok
Kepala BKPSDM, Sudirman ME bersama Kabid Diklat dan Kabid Mutasi.dok /

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun sudah mendapat signal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Men-PAN RB) untuk membuka tes CPNS 2018 jalur umum. Saat ini dinas BKPSDM sedang mendata kebutuhan pegawai yang ada di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala BKPSDM, Sudirman ME melalui Kabid Mutasi dan formasi, Debi Gusmahardi SSos saat dimintai keterangan via ponselnya, kemarin membenarkan hal tersebut, namun kata Debi Gusmahardi, BKPSDM sudah berkoordinasi dengan MenPAN-RB, namun pihak MenPAN-RB minta data terbaru tentang kebutuhan pegawai.

“Memang dua tahun yang lalu, BKPSDM sudah mengajukan formasi ke MenPAN-RB, tapi MenPAN-RB minta data kebutuhan pegawai untuk diperbaharui, karena mereka ingin data terbaru,”katanya.

Menurut Debi Gusmahardi, terkait dengan perkembangan terbaru soal tes CPNS 2018 masih dalam proses. Informasi terbaru terkait hal ini, tentu saja akan diketahui setelah penyerahan data kebutuhan pegawai ke MenPAN-RB.

“Akhir Januari 2018 ini, data kebutuhan sudah dikirim ke MenPAN-RB, selanjutnya data tersebut akan dikaji lagi di MenPAN-RB,”sebutnya.

Berdasarkan hasil pemetaan sementara, adapun kebutuhan pegawai di Pemkab Sarolangun, masih didominasi guru dan medis, selanjutnya disusul PPL dan tekhnis lainnya.

“Wajar saja kita butuh banyak guru, karena guru sangat dominan masuk pada usia pensiun,”cetusnya.

Sementara itu, disinggung selain adanya signal tes CPNS 2018, apakah ada peluang pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS, dikatakan Kabid Mutasi dan Formasi, terkait dengan hal tersebut pihak BKPSDM belum menerima informasi dari MenPAN-RB tentang itu.

“Untuk pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS belum ada aturan terbaru, tapi kita masih menunggu informasi, atau kalau ada aturan terbaru dari MenPAN-RB,”tandasnya. 

 Reporter : Charles RangkutiÂ