Ririn : Dekranasda Dukung Penuh UMKM

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:02:29


Ketua Dekranasda Muarojambi bersama Ketua Dekranasda provisni Jambi dalam suatu acara
Ketua Dekranasda Muarojambi bersama Ketua Dekranasda provisni Jambi dalam suatu acara /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kabupaten Muarojambi berjanji akan mendukung penuh dan melakukan upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),  yang saat ini ada di Bumi Sailun Salimbai.

Bantuan ini dilakukan oleh Dekranasda melalui berbagai pelatihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan tangan maupun produk makanan yang secara rutin dan simultan dijalankan Dekranasda Muarojambi.

Terbaru Dekranasda Muarojambi melaksanakan pelatihan bagi pengrajin Batik yang ada di Muarojambi dengan bantuan penambahan wawasan oleh pemateri profesional.

"Tahun ini kami melakukan pelatihan bagi pengrajin Batik, hal ini untuk meningkatkan kualitas dan Inovasi para pengrajin agar semakin dapat bersaing di tingkat Nasional," ujar Ketua Dekranasda, Muarojambi Ririn Novianty Bambang Bayu Suseno.

Lebih lanjut Ririn mengatakan bahwa saat ini UMKM Muarojambi unggul dalam kuantitas dalam Provinsi Jambi, UMKM Muarojambi juga unggul dalam bidang inovasi dan ragam olahan yang dilakukan oleh pengrajin.

"Saat ini kita sangat unggul dalam Jumlah maupun Inovasi produk olahan, kami tinggal melanjutkan melakukan pembinaan dan pelatihan bagi pengrajin yang ada," imbuhnya.

Saat ini masalah paling besar yang dihadapi oleh Pengrajin Muarojambi adalah pemasaran produk olahan yang saat ini belum banyak pasar yang mampu menampungnya.

 "Karena ini kami membantu mencari pasar bagi pengrajin menjual produk mereka kami melakukan sharing dengan swalayan hingga Minimarket yang ada, " tukas Ririn.

Untuk memaksimalkan pemasaran ini maka Dekranasda Muarojambi akan membantu melakukan pemasaran lewat media digital baik sifatnya lokal maupun nasional. 

"Dekranasda akan melakukan pemasaran produk UMKM melalui media Digital seperti Televisi Lokal atau Nasional sehingga produk olahan akan dikenal masyarakat lebih luas, "pungkasnya.

Penulis: Ansory
Editor: Ansory