Bappeda Sarolangun Sukses Gelar Forum Konsultasi Publik

Kamis, 15 Maret 2018 - 21:27:13


Bupati Sarolangun, H Cek Endra dan Kepala Bappeda, Ir Dedy Hendry
Bupati Sarolangun, H Cek Endra dan Kepala Bappeda, Ir Dedy Hendry /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun Kamis (15/3) kemarin sukses menggelar Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2018.

Acara yang dilaksanakan di Aula Bappeda, dihadiri Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Wabup H Hillalatil Badri dan Sekda Drs H Thabroni Rozali, MM. Juga hadir Kajari Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, SH, MH, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana SIK, MAP, Kepala Bappeda Ir Dedy Hendry, MSi, Sekretaris Bappeda H Muhammad, MSi, Kabid Pendanaan dan Kerjasama Pembangunan Hj Maria Susanti, SE, seluruh perwakilan OPD, dan undangan lainnya. 

Forum Konsultasi Publik mengambil tema, melalui Forum Konsultasi Publik Tahun 2018 Kita Wujudkan Sarolangun Sejahtera.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Ir Dedy Hendry MSi, mengatakan, Forum Konsultasi Publik merupakan proses perencanaan yang dilakukan setiap tahun. Dari tahun ke tahun diupayakan perbaikan kualitas, sehingga diperoleh dokumen pembangunan yang bisa menampung aspirasi masyarakat secara luas.

‘’Kegiatan ini sebagai lanjutan dari tahapan sebelumnya yakni Musrenbang Desa dan Musrebang Kecamatan, bertujuan menjaring aspirasi terhadap rumusan tema dan prioritas pembangunan daerah tahun 2019,’’ katanya.

Peserta forum konsultasi publik terdiri dari unsur akademisi perguruan tinggi, OPD, OKP, mahasiswa, LSM dan wartawan serta elemen masyarakat lainnya. Sedangkan narasumber dari DPRD, Bappeda dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun H Cek Endra menyebutkan, forum konsultasi publik setiap tahun dilakukan sehingga masyarakat bisa memberikan masukan dan mengetahui program pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sarolangun.

Orang nomor satu di Kabupaten Sarolangun ini mengatakan, bahwa output dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

‘’Saya selalu berpesan agar pembangunan tetap mengacu ke program provinsi dan nasional sehingga program kita selaras dengan program Presiden RI Joko Widodo,’’ tandasnya.

Menurut Bupati arah pembangunan Kabupaten Sarolangun kedepan sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wabup yakni Wujudkan Sarolangun Sejahtera. Mencakup peningkatan isfrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelayanan publik.

“Forum ini menjadi penting karena perencanaan yang baik akan menjadikan hasil yang baik. Diharapkan OPD bisa lebih kreatif dan inovatif serta bisa menjawab isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sarolangun,”harapnya.

Dalam acara tersebut, Bappeda juga menggelar sesi tanya jawab sesuai dengan tema yang diusung dengan para tamu undangan yang hadir. Sesi tanya jawab berlangsung lancer yang dipandu Sekretaris Bappeda H Muhammad.

 

PENULIS : CHARLES RANGKUTI