Warga Tangkap Buaya Sepanjang Dua Meter

Minggu, 18 November 2018 - 17:42:52


Buaya Air Asin Sepanjang Lebih Dua Meter Ditangkap Warga
Buaya Air Asin Sepanjang Lebih Dua Meter Ditangkap Warga /

radarjambi.co.id - KUALATUNGKAL - Buaya air asin sepanjang lebih dua meter ditangkap warga di sungai Parit 5 RT 04 Dusun Harapan II Desa Tanjung Senjulang, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).


Predator buas itu ditangkap, karena warga mengkhawatirkan kedepannya buaya tersebut menyerang warga dan takut buaya tersebut memangsa hewan ternak milik warga.

Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Sumarno Berutu, SH dikonfirmasi, membenarkan adanya penangkapan seekor buaya air asin di Desa Tanjung Senjulang.

Menurut kapolsek, kemunculan buaya tersebut sudah terlihat oleh warga sejak hari Selasa tanggal 13 November 2018. “Ada warga yang melihat Buaya tersebut melewati sungai menuju rawa – rawa yang berada di pinggir sungai," ujar Kapolsek.

Kemudian dilanjutkannya, atas penemuan hewan liar tersebut warga memanggil pawangnya dan dengan bantuan pawang buaya, "Akhirnya buaya air asin sepanjang dua meter lebih yang berjenis kelamin betina tersebut berhasil ditangkap pada hari Sabtu tanggal 17 November 2018 sekira pukul 09.00 WIB,” jelas Kapolsek Tungkal Ilir.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, atas penangkapan Buaya tersebut. Selanjutnya pihaknya melakukan koordinasi dengan BKSDA Kabupaten Tanjab Barat untuk dilakukan penanganan dan pengamanan terhadap buaya yang ditangkap warga, karena buaya merupakan jenis hewan liar yang dilindungi.

“Kini buaya tersebut sudah diamankan oleh pihak BKSDA. Menurut pihak BKSDA rencananya buaya tersebut nantinya dipindahkan atau dilepas liarkan di wilayah Air Hitam, Kabupaten Tanjab Timur,” terang Kapolsek Tungkal Ilir.

 

 

Reporter : Kenat

Editor     : Ansori