KPU Merangin Adakan Kursus Kepemiluan

Rabu, 28 November 2018 - 20:03:57


Jalannya Kursus Kepemiluan
Jalannya Kursus Kepemiluan /

Radarjambi.co.id - BANGKO - Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Merangin mengadakan kursus Kepemiluan, Rabu (28/11) di Hotel Suslinda Bangko.  

Peserta terdiri dari berbagai komunitas, yakni perwakilan Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan (OKP), perwakilan Masyarakat dan kalangan guru.

Ketua KPU Kabupaten Merangin, Iron Sahroni saat membuka kegiatan kursus kepemiluan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih.

”Kita ingin pemilu di Merangin berjalan dengan baik. Suksesnya pemilu dilihat dari tingkat partisipasi pemilih, itu ungkapan dari salah satu pengamat politik Indonesia,” ujar Iron.


Dengan diadakannya kursus kepemiluan tersebut lanjut Iron, kedepan akan ada tindak lanjutnya, seperti terbentuknya kelompok yang sadar akan pemilu, seperti saat ini sudah terbentuk Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) kabupaten Merangin.

”Salah satu inputnya, kita bisa sosialisasi atau mengajak warga dilingkungan tempat tinggal, ajak warga untuk ikut memilih, dengan memberi pemahaman bahwa memilih itu penting,” terangnya.

Dirinya berharap, Pemilu di Merangin sukses, dengan meningkatnya partisipasi pemilih.  

Belakangan ini, partisipasi pemilih di Merangin menurun, seperti pada pemilu ditahun 2008 dengan partisipasi pemilih sekitar 79 persen, lalu di tahun 2013 partisipasi pemilih diangka sekitar 77 persen, dan pada pemilu 2018 partisipasi pemilih di angka sekitar 76 persen.

”Kita selalu mencari solusi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Semoga pada pemilu 2019 partisipasi pemilih meningkat, kita berharap mencapai 83 persen lebih,” tutupnya.

Sebagai pemateri kursus Kepemiluan, yakni Ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Provinsi Jambi, Mochammad Farisi yang juga sebagai Dosen Fisipol Universitas Jambi (Unja).

 

 

Reporter : Kasriadi

Editor     : Ansori