Progres Proyek Air Bersih Capai 80 Persen

Selasa, 04 Desember 2018 - 20:45:41


Bupati Tanjabbar Meninjau Intake Jaringan Air Bersih Tebing Tinggi
Bupati Tanjabbar Meninjau Intake Jaringan Air Bersih Tebing Tinggi /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Memasuki bulan Desember, pelaksanaan pekerjaan proyek air bersih telah mencapai 80 persen.

Dengan sisa waktu yang tinggal beberapa Minggu lagi, dinas PUPR Tanjab Barat mengklaim pelaksanaan kegiatan air bersih ini dalam terpaksa maksimal.

Kepala bidang Cipta Karya dinas PUPR, Safrun, mengatakan, proses pengerjaan sudah banyak yang selesai. Dipastikan pekerjaan tersebut akhir tahun ini selesai.

"Kita optimis pekerjaan ini akan selesai sebelum akhir tahun ini. Jaringan sudah tinggal sistemnya saja," ungkapnya (4/12).

Dijelaskannya, untuk progres beberapa item pekerjaan sudah banyak yang hampir selesai. Seperti Intel sudah 100 persen, IPA 90 persen, bak penampungan (reservoir) sudah 70 persen. Sedangkan jalur distribusi induk sudah 80 persen.

"Kita juga sudah meminta pihak rekanan untuk mempercepat pekerjaan agar pelaksanaannya bisa segera selesai," terangnya.

Diungkapkan Safrun, untuk kendala berat yang berarti selama pekerjaan ini adalah masalah pipa lama. Pihak rekanan harus merunut pipa lama untuk perbaikan dan menyambungnya.

Sebab posisi pipa ada yang dibenamkan di kedalaman hingga 2 meter dari permukaan tanah.

Namun semua pipa yang rusak telah diganti. Termasuk yang terbakar beberapa tahun lalu.

Lalu apakah akhir tahun ini air bersih akan mengalir kerumah warga? Untuk masalah tersebut pihak dinas PUPR lepas tangan.

Pasalnya, setelah pemindahan aset ke PDAM, barulah air bersih mengalir ke rumah warga.

"Kita hanya sebatas mengupayakan air sampai ke Tungkal. Masalah teknis penyaluran nanti akan dilakukan PDAM setalah aset kita serahkan," ujarnya.

Namun yang jelas, menurut Safrun, setelah pipa terkoneksi ke jaringan Parit Penting, nantinya pasti akan langsung terkoneksi ke Tungkal. Sebab jaringan pipa PDAM lama dari Parit Panting telah terpasangan ke tungkal dan rumah warga.

"Begitu terkoneksi dengan jaringan pipa Parit Panting, selesai," tandasnya.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori