TPS Perlu Dioptimalkan

Selasa, 22 Januari 2019 - 21:05:47


Salah satu tempat sampah di Kota Jambi
Salah satu tempat sampah di Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Mengenai lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Jambi terbilang masih minim. Banyak warga yang mengatakan bahwa dirinya cukup jauh dari rumah untuk membuang sampah. Warga saat ini juga takut dikenakan sanksi sesuai Perda.

Menyikapi ini, Wakil Walikota Jambi Maulana, mengakui bahwa jumlah TPS di Kota Jambi memang masih sangat kurang. Menurutnya Kota Jambi masih kekurangan sekitar 1.000 TPS lagi.

Kekurangan ini tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Jambi. Penyebabnya, lahan untuk membangun TPS sulit didapat sementara anggarannya sudah tersedia.

“Ini lah kesulitan kita mencari lahan untuk dibangun TPS. Kita juga sudah berkoordinasi dengan beberapa RT di Kota Jambi, agar menyampaikan kepada pemilik tanah yang mau dipinjampakaikan atau dihibahkan untuk dibangun menjadi TPS,” jelasnya.

Untuk solusi jangka pendek, masalah sampah di lingkungan sekitar, bisa diselesaikan di tingkat RT dan kelurahan. Dirinya meminta warga sekitar bersama sama mempekerjakan tenaga pengumpul, untuk mengambil sampah di setiap rumah.

"Nanti yang gaji siapa? Ya yang gaji masyarakat, dan warga. Siapa yang rumahnya mau bersih patungan sama-sama untuk iuran kebersihan. Terkait berapa jumlah iurannya Silahkan di rundingkan bersama-sama di tingkat RT. Kita juga bisa memanfatkan bank sampah dan lainnya,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori