Sekolah Peserta Pelaksanaan UNBK 2019 Meningkat 80 Persen

Rabu, 13 Februari 2019 - 20:54:12


Peserta UNBK di Kualatungkal Meningkat
Peserta UNBK di Kualatungkal Meningkat /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan MTs di Kabupaten Tanjab Barat tahun 2019 ini meningkat 80 persen dibandingkan tahun 2018 lalu. 

Dari total 61 SMP di Tanjab Barat, 52 SMP sudah siap melaksanakan UNBK.

Seperti dikatakan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat, Ardian bahwa pningkatan 80 persen tersebut bardasarkan perbandingan dari tahun 2018 lalu yang hanya 18 SMP yang menggelar UNBK, dan tahun 2019 menjadi 52 SMP.

"52 SMP tersebut sudah melakukan simulasi maupun percobaan terhadap pelaksanaan UNBK, hasilnya berjalan dengan baik dan lancar meski saat ini masih ada sekolah yang kekurangan sarana seperti komputer," ungkapnya.

Namun untuk menanggulangi kekurangan tersebut, dijelaskannya pihak sekolah masing-masing sudah minta izin kepada orang tua murid yang mempunyai laptop agar dibawa ketika hari pelaksanaan UNBK nantinya.

"Solusinya, siswa yang memiliki laptop dapat membawa kesekolah," jelasnya.

Untuk jumlah peserta siswa SMP yang akan mengikuti Ujian Nasional berbasis komputer tahun 2019 ini sebanyak 3067 siswa.

Sementara Panitia Ujian Nasional Disdikbud Tanjabbar, menjelaskan total 99 satuan pendidikan yakni 50 sekolah negeri dan 49 sekolah swasta atau 52 SMP dan 47 MTs yang melaksanakan UNBK tahun ini.

"Untuk siswa MTs yang bakal mengikuti UNBK berjumlah 1989 peserta dari 47 MTs di Kabuaten Tanjab Barat," ujarnya.

Dijelaskannya, beberapa SMP dan MTs tersebut ada yang melaksanakan UNBK secara mandiri maupun menumpang di sekolah lain di Tanjab Barat.

“Kalau swasta ada yang tidak UNBK. Dari beberapa sekolah yang menumpang melaksanakan UNBK pun tidak sebanyak yang mandiri,” jelas Amrial.

Lebih lanjut dikatakannya, ada 449 siswa dari 14 SMP belum melakasanakan UNBK pada tahun ini atau masih akan melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Untuk jadwal pelaksanaan ujian SMP ini yaitu pada tanggal 22 hingga 25 April 2019.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori