Pasar Tanjung Bajure Akan Dipasang Videotron

Minggu, 03 Maret 2019 - 21:21:11


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - SUNGAIPENUH - Pasar Tanjung Bajure, yang terletak di pusat perbelanjaan Kota Sungai Penuh, akan terus dikembangkan. Setelah sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Sungai Penuh melalui Bidang Pengelolaan Pasar memasang 16 Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di sudut pasar.

Kali ini, Bidang Pengelolaan Pasar juga akan memasang videotron. Pemasangan videotron bertujuan, untuk menampilkan harga-harga sembako guna mempermudah para pembeli untuk mengetahui harga.

“Kedepan kami juga akan menambah kan videotron, dimana nanti videotron akan menampilkan harga-harga bahan pokok sembako setiap hari dan terupdate,” ujar Dedi Iryanto, Kabid Kabid Pengelolaan Pasar.

Tentunya, dengan adanya videotrin ini. Masyarakat akan mudah mengetahui daftar harga sembako dan lainnya dipasar. "Sehingga, pembeli tidak akan dirugikan oleh oknum yang sengaja menaikan harga seketika," ungkapnya.

Selain itu, bidang pengelolaan pasar juga akan menyiapkan penyiar untuk menyampaikan informasi dengan pengunjung dan pedagang di pasar tanjung bajure. "Dengan ini tentunya, setiap pengunjung yang datang ke pasar Tanjung Bajure merasa terlayani dengan baik," ucapnya.

Sebelumnya, untuk memantau situasi pasar Tradisional Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Sungai Penuh melalui Bidang Pengelolaan Pasar, telah memasang 16 CCTV di sejumlah titik di sudut pasar.

Dikatakannya bahwa ke 16 CCTV tersebut berfungsi untuk memantau situasi pasar, menjaga ketertiban dan keamanan pasar dan meminimalisir tindak kejahatan di pasar serta Kebersihan pasar ini.

"Pasar tanjung bajure sudah bisa dipantau dari kantor bidang pengelola pasar, melalui 16 cctv yang sudah dipasang," ungkapnya.

Pemasangan CCTV tersebut dilakukan, bertujuan untuk mempermudah pemantauan aktivitas pasar dan meminalisir tindak kejahatan yang biasanya terjadi di tempat tempat ramai seperti pasar.

"16 CCTV ini, kita beli dengan menggunakan APBD Murni Kota Sungai Penuh Tahun ini," ungkapnya.
Kedepannya, CCTV juga akan dipasang di Tiga pasar lainnya yang ada diwilayah Kota Sungai Penuh, yakni pasar Beringin, Kincay Plaza dan pasar MKS. "Target, seluruh pasar akan kita pasang CCTV," tegasnya.

Diakuinya, bahwa pengembangan pasar Tanjung Bajure ini dilakukan, dengan target pada Tahun 2021 nanti pada masa akhir jabatan Wali Kota Sungai Penuh, pasar tersebut akan jadi pasar sehat.

Dimana nantinya, akan ada ruangan khusus Kantor Kesehatan seperti ruangan ibu menyusui.

"Karna keterbatasan anggaran, maka kita targetkan 2021 pasar Tanjung Bajure akan jadi pasar sehat," ucapnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori