Serapan Anggaran Triwulan Pertama Belum Maksimal

Minggu, 17 Maret 2019 - 21:40:43


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Hingga akhir Februari 2019, serapan anggaran per triwulan pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari belum mencapai target. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Batanghari, M Azan. Kata dia, hal itu dikarenakan saat ini baru memasuki bulan ketiga di triwulan pertama.

"Namun secara komulatif serapan anggaran dan pendapatan telah mencapai target tahapan. Dan hal ini sudah kita sampaikan kepada DPRD Batanghari," kata M Azan. 

Di triwulan pertama pemerintah kabupaten Batanghari manargetkan belanja daerah dan pendapatan sebesar 15 persen. Target itu berjenjang naik dalam setiap tahun.

Sementara, angka kumulatif tahapan yang sudah didapat hingga saat ini untuk belanja daerah baru mencapai 6,75 persen. Untuk pendapatan daerah mencapai 8,06 persen dan berdasarkan tahapan daerah sudah mencapai target tahapan.

Dari persentase itu, serapan anggaran yang harus tercapai pada triwulan pertama sebesar Rp 300 miliar, secara kumulatif untuk semua belanja daerah.

"Nah, dari angka 6,75 persen belanja daerah sudah terealisasi sebesar Rp 130 miliar sampai bulan kedua di triwulan pertama ini,"beber azan.

Menurut dia, tak semua OPD bakal bisa merealisasikan serapan anggarannya. Mengingat banyak kendala yang di hadapi oleh Organisasi Perangkat Daerah dalam mencapai serapan anggaran tersebut.

"Bisa disebabkan oleh persiapan yang tidak maksimal, administrasi dan lainnya sehingga serapan dan belanjanya belum terserap secara maksimal, dan Ini sudah kita wanti-wanti untuk setiap OPD,"ungkap Azan.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori