Pemda Diminta Lebih Aktif Manfaatkan Anggaran Pendidikan Melalui DAU dan DAK

Kamis, 02 Mei 2019 - 20:25:13


Fachrori Umar
Fachrori Umar /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Momentum Hardiknas 2019, menjadi catatan bagi pemerintah daerah untuk berbenah terkait persoalan yang dihadapkan dengan dunia pendidikan saat ini.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tercuat persoalan guru dan tenaga pendidikan masih menjadi pembahasan serius yang belum teratasi.

"Kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan, kita juga masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan," kata sambutan tertulis Mendikbud RI yang dibacakan oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar, dalam upacara Hardiknas di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Kamis (2/5).

Selain itu, tercatat anggaran pendidikan sekitar 63 persen dikelola daerah. Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen.

"Momentum Hari Pendidikan Nasional, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif," kata Fachrori membacakan sambutan tertulis Mendikbud.

 

 

Reporter : E. haryanto

Editor     : Ansori