Puluhan Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal, Pasca Kebakaran di Gang Kelinci

Selasa, 27 Agustus 2019 - 20:03:20


Wabup amir sakib saat meninjau lokasi kebakaran
Wabup amir sakib saat meninjau lokasi kebakaran /

Pasca Kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah di Jalan Gagak, Gang Kelinci Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat pada Senin (26/8) sekitar pukul 19:45 Wib, mengakibatkan puluhan jiwa kehilangan tempat tinggal.

Dari data yang berhasil dihimpun, sebanyak 12 kepala keluarga (KK) atau total 46 jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

Sementara untuk bangunan yang terbakar, satu bedeng empat pintu dan satu unit rumah hangus terbakar, serta dua rumah rusak sedang dan empat rumah lainnya rusak ringan.

Hal ini seperti dikatakan Kepala BPBD Tanjab Barat, H Kosasih. Dari hasil koordinasi di lapangan bersama dari tim Pusdatin BPBD Tanjab Barat, TNI, Polri, Camat, Satpol PP, Ketua RT dan Korban terdampak.

"Untuk korban yang terdampak setelah didata ada 12 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 46 orang," ungkap H. Kosasih, Selasa (27/8).

Kosasih juga menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun untuk kerugian materi juga belum ditaksirkan jumlahnya, sementara penyebabnya masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak terkait.

"Asal api dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak Kepolisian," ujarnya.

Salah satu korban, Eko menuturkan api begitu cepat membesar dari rumah sebelah sehingga membuat dirinya panik dan harus segera menyelamatkan barang dan surat-surat berharga.

"Saya lihat dari kamar mandi belakang api sudah membesar dari atap tetangga sebelah rumah, beruntung berang-barang elekronik dan surat berharga bisa diselamatkan, hanya saja ada uang tertinggal didalam rumah sekitar Rp 5 juta lebih," ungkap Eko di lokasi kejadian.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanjab barat, H Amir Sakib mewakili Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saat mebinjau mengucapkan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang terjadi hari Senin malam kemarin.

Dia berharap kepada korban untuk tetap bersabar serta dapat mengambil hikmah dari musibah yang terjadi.

"Saya turut berduka, saya ikut merasakan susahnya, kepada Allah kita serahkan semuanya, karena semua terjadi atas kuasa NYA" ujar Wabup.

Kepada pihak yang bertugas dilapangan, Wabup menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kerja kerasnya. Wabup juga berharap petugas dilapangan dapat menjalankan tugas dalam melayani masyarakat dengan baik dan penuh tanggung jawab, terutama bagi warga korban kebakaran.

"Untuk petugas yang ada dilapangan, harus ramah, santun, layani masyarakat dengan baik," ujar Wabup.

Amir Sakib menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati terutama pada musim kemarau, sehingga musibah kebakaran seperti ini tidak terjadi lagi.(ken)

 

 

Editor   ;     Ansory S