Dinkes Salurkan 1. 000 Masker ke Puskesmas Air Hitam

Minggu, 01 September 2019 - 21:17:24


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun menyalurkan bantuan masker ke Puskesmas Kecamatan Air Hitam, untuk diberikan kepada masyarakat setempat mengingat banyaknya debu di jalan poros Kecamatan Air Hitam yang dikeluhkan oleh warga setempat pada saat musim kemarau saat ini.

Sebab, seperti diberitakan sebelumnya Di Desa Baru, Kecamatan Air Hitam, jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mengalami peningkatan belakang ini.

Menurut warga itu disebabkan seiring dengan berlangsungnya kondisi cuaca kemarau dan kondisi lingkungan yang kurang baik. Faktor lain, bahwa warga sangat keterbatasan aktifitas karena debu yang dihasilkan mobil angkutan perusahaan melewati jalur desa yang masih tanah.

"Sampai hari ini, pengidap penyakit ISPA di Desa Baru ada 30 an, biasa 15, ini jadi 30 an lebih," kata Kapus Kecamatan Air Hitam, Darmansyah.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes, Diana saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pada minggu ke-29 Di Kecamatan Air Hitam, dilaporkan ada 57 kasus ISPA yang terjadi dan di Desa Baru memang ada peningkatan penderitanya.

"Kami kan punya data dan update selalu setiap minggu, di Kecamatan Air Hitam ada 57 kasus Ispa minggu ke 29, diantara itu memang ada warga desa baru, yang ada peningkatan," katanya.

Ia juga menjelaskan dalam hal tersebut pihaknya menyalurkan bantuan masker kepada puskesmas air hitam sebanyak 1.000 masker, yang bisa disalurkan kepada masyarakat setempat untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan bagi masyarakat.

"Ada permintaan, kapusnya Kecamatan Air Hitam karena darurat, kita sudah menyiapkan masker atas permintaan kepala puskesmas air hitam ada 1000 masker," katanya.

Meski begitu, ia menghimbau kepada masyarakat agar membatasi jadwal keluar rumah seperlunya saja. Jika ingin keluar rumah, pastikan sudah menggunakan masker.

"Kita sudah menginstruksikan ke seluruh puskesmas, untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat di desa, menjaga kebersihan lingkungan, tidak membakar sampah di halaman rumah," pungkasnya. (ciz)

 

 

Editor    :     Ansory S