ISPU di Sarolangun Masih Kategori Sedang

Minggu, 08 September 2019 - 21:02:22


Deshendri.
Deshendri. /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Kabupaten Sarolangun mulai diselimuti kabut asap tipis seiring dengan musim kemarau dan kebakaran hutan dan lahan.

Namun, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Sarolangun masih dalam kategori sedang.

Berdasarkan peninjauan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sarolangun bahwa udara Kabupaten Sarolangun masih baik dan belum dikatakan tercemar.

“Kita tinjau tentang udara, terutama wilayah kita masih dalam keadaan sedang, belum dikatakan tercemar. Memang keparahan tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, namun sekarang belum menganggu saluran pernapasan,” kata Deshendri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melalui laboratorium DLH memang baku mutu udara dalam ketegori sedang dan belum membahayakan.

“Yang jelas di Sarolangun belum membahayakan untuk nilai sesuai pengujian dengan angka 51 per 100 berarti angka sedang. Jika 100 keatas sudah membahayakan. Kita berada titik 51 per 100,” katanya.

Ditegaskannya, pengujian kualitas udara berada pada satu titik yaitu tak jauh dari Hotel Abadi Sarolangun. Namun pihaknya akan instruksikan laboratorium untuk menguji kembali di dua lokasi lain.

“Menguji dua titik lagi di wilayah Sarolangun, sehingga bisa menyeluruh,” katanya.
Pihaknya menghimbau meski udara masih dalam kategori sedang, masyarakat harus menggunakan masker saat bepergian. (ciz)

 

 

Editor   :     Ansory S