USBN Dihapuskan Diganti UAS

Minggu, 02 Februari 2020 - 23:39:29


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Peserta didik kelas VI tingkat Sekolah Dasar di Kota Jambi mulai tahun ini tidak lagi akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).

USBN akan di ganti dengan UAS dan semua soal serta penilaian dilakukan oleh sekolah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 42 tahun 2019, Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan ujian kelulusan sepenuhnya diselenggarakan oleh sekolah.

Pada tahun 2020 ini USBN tingkat SD di hapus dan di gantikan dengan Ujian Akhir sekolah.

Untuk kota Jambi sendiri disampaikan Kabid pendidikan SD dinas pendidikan kota Jambi Sugiyono bahwa memang USBN di hapus dan di gantikan dengan UAS. Sementara untuk sistemnya yakni diberikan kepada setiap sekolah untuk menyelenggarakan ujian kelulusannya sendiri.

“Untuk perubahanya tidak terlalu signifikan karena hanya sekitar 25 soal yang sebelumnya kewenangan ada di pusat kali ini di serahkan semua kepada pihak sekolah,” kata Sugiyono.

Dirinya menyebutkan dengan adanya kebijakan baru ini akan lebih memudahkan pelaksanaam ujian. Karena pihak sekolah tidak lagi menunggu lama link soal dari pusat.

“Kalau mekanisme pembuatan soal nantinya akan di rembuk dan di buat oleh pergugus guru mata pelajaran sesuai kisi-kisi yang di berikan pusat,” sebutnya.

Sementara untuk mata pelajaran IPA, matematika dan bahasa Indonesia seluruh sekolah akan sama. Sementara untuk mata pelajaran lain sesuai dengan guru mata pelajaran yang ada di sekolah.

“Untuk pelaksanaan UAS akan berlangsung pada awal Mei 2020 mendatang,” pungkasnya. (ria)

 

Editor  : Ansory S