Polres Tebo Komit Beri Pelayanan Terbaik Dalam Terbitkan SIM

Selasa, 04 Februari 2020 - 19:25:16


Satlantas Polres Tebo memberi penjelasan ke warga yang ingin membuat SIM.
Satlantas Polres Tebo memberi penjelasan ke warga yang ingin membuat SIM. /

radarjambi.co.id-TEBO-Satpas Polres Tebo berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM).
Hal tersebut disampaikan Kasatlantas Polres Tebo AKP Ayani,SP.,S,I,K kepada awak media, Selasa (04/02).

AKP Ayani menjelaskan, dalam proses penerbitan SIM masyarakat harus menjalani beberapa tes, seperti tes atau ujian teori dan tes atau ujian praktek mengemudi yang semuanya dilaksanakan secara transparan.

“Dimana dalam pelaksanaan ujian teori diawali dengan adanya pencerahan oleh Petugas mengenai proses penerbitan dan materi pengetahuan berlalu lintas yang wajib diketahui dan diikuti oleh seorang pemilik SIM. Kemudian peserta uji diberikan waktu untuk membaca buku Pencerahan Peserta Ujian SIM.

Kumpulan materi soal ujian teori SIM serta buku Petunjuk Keselamatan Berlalu Lintas untuk Pengemudi yang telah disediakan di ruang tunggu pelayanan SIM.

Khusus buku Petunjuk Keselamatan Berlalu Lintas untuk Pengemudi bisa dibawa pulang agar bisa dibaca dan dipelajari oleh setiap peserta maupun keluarga dari peserta uji SIM tersebut di rumah. Untuk lama waktu membaca buku pencerahan/ panduan tersebut diatas tidak dibatasi sampai peserta sendiri menyatakan siap untuk melaksanakan ujian teori.

Dan untuk pelaksanaan ujian teorinya pun dilaksanakan mulalui komputerisasi secara online dan hasil ujiannya pun langsung muncul dilayar monitor komputer setelah ujian selesai”. ujarnya.

“Selanjutnya apabila peserta uji telah lulus ujian teori baru melaksanakan ujian praktek mengemudi, yang mana pelaksanaannya terbagi dua yaitu melaksanakan praktek mengemudi di lapangan yang mana ukurannya telah ditentukan berdasarkan Perkap 09 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Kemudian selanjutnya melaksanakan praktek mengemudi di jalan raya.
Dalam pelaksanan ujian praktek ini pun juga diawali dengan pencerahan tentang persiapan yang harus disiapkan oleh seorang pengemudi sebelum berkendara baik kesiapan individu/ perorangan maupun kendaraannya.

Dilanjutkan dengan penjelasan tentang etika mengemudi di jalan raya dan tahapan pelaksanaan ujian serta khusus untuk pelaksanaan praktek mengemudi di lapangan yang telah ditentukan diberikan contoh terlebih dahulu sebelum dilaksanakan oleh peserta uji SIM.

Dan dalam pelaksanaan penilaiannya pun dilakukan secara transparan, yang mana setiap kesalahan disampaikan secara langsung kepada peserta uji, agar menjadi bahan koreksi untuk bisa lebih baik pada pelaksanaan ujian berikutnya. Ini merupakan komitmen kami melayani masyarakat.

Dengan kemudahan ini, kami menghimbau kepada masyarakat agar datang sendiri jika ingin membuat SIM ke Satpas Polres Tebo jangan mau di iming – imingi atau meminta bantuan melalui siapapun apalagi calo,” tutur Akp Ayani dalam mengakhiri penjelasannya.

Berdasarkan pantauan awak media dilapangan terlihat beberapa masyarakat sedang mengikuti proses pembuatan SIM di Satpas Polres Tebo.

Serta beberapa petugas juga terlihat memberikan pencerahan dan penjelasan kepada masyarakat tersebut dengan sabar dan ramah.

Salah satu peserta yang baru selesai melaksanakan ujian praktek mengemudi dilapangan ketika diminta pendapatnya oleh awak media tentang pelaksanan ujiannya menuturkan.

“Menurut saya, sangat rugi bila tidak mau mengikuti ujian SIM. Karena walapun kita merasa sudah mahir dalam berkendara tapi kita tidak pernah paham bagaimana cara berkendaraan yang benar dan beretika. Banyak hal-hal selama ini kita anggap sepele namun sangat penting untuk keselamatan sendiri.

Tidak jarang tanpa kita sadari kesalahan tersebut membuat kita celaka di jalan, pada saat melaksanakan ujian ini lah pengetahuan tersebut kita dapatkan. Untuk itu saya menghimbau kepada yang mau membuat SIM tidak perlu takut dan kwatir, karena ada petugas yang selalu sabar dan ramah memberikan informasi, pencerahan dan penjelasan yang kita butuhkan terkait pembuatan SIM“, ujarnya. (yan)

Editor : Ansory S