Ribuan Meter Kabel Lampu LPJU Dicuri, Jaling Delapan Kecamatan Muarojambi Gelap

Senin, 10 Februari 2020 - 21:06:51


Petugas mengecek lokasi hilangnya kabel LPJU.
Petugas mengecek lokasi hilangnya kabel LPJU. /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-12.150 meter kabel lampu penerangan jalan umum (PLJU) di delapan kecamatan di Muarojambi, diantaranya Kecamatan Taman Rajo, Sakernan, Muaro Sebo, Jaluko, Sungai Gelam Mestong, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kumpeh Ulu, hilang di curi. Akibatnya jalan lingkungan (Jaling) di delapan kecamatan gelap.

Kepala Dinas Perkim Muarojambi Ridwan melalui Kabid Persampahan dan Pertamana M Farhan, menjelaskan daerah yang paling banyak dicuri yaitu Desa Suak Putat dan kecamatan Sungai Gelam.

''Terbongkarnya pencurian kabel ini berawal dari banyaknya laporan masyarakat jika lampu penerang jalan di wilayah padam. Setelah kami cek ternyata kabel lampu yang bahannya dari alumunium itu hilang dicuri. Selain itu baterai tenaga surya bantuan dari Kementerian ESDM juga raib,'' tutur Farhan ditemui di ruang kerjannya kemarin (10/02).

Lebih lanjut Farhan menjelaskan, kemungkinan besar para pencuri melancarkan aksinya disiang hari.

''Lampu penerang jalan itukan menggunakan taimer atau pengkur waktu menyala. Jadi kalau siang hari lampunya pasti padam, dan aliran listriknya juga tidak ada. Jadi kemungkinan besar aksi pencurian ini dilakukan disiang hari,'' terang Farhan.

Menurut keterangan warga, lanjut Farhan warga pernah ada melihat pria menggunakan pakaian perusahan listrik di lokasi kejadian. namun warga mengira ada perbaikan kabel lampu.

''Jadi saya menghimbau agar warga waspada terhadap kejadian ini. Jika ada oknum yang mengaku petugas untuk memperbaiki kabel listrik tolong ditanyakan surat tugasnya dan foto orangnya,'' kata Farhan.

Pihaknya lanjut Farhan belum melakukan pengecekan ke semua kecamatan di Muarojambi, jadi tidak menutup kemungkinan ada kabel yang hilang lagi.

''Kecamatan Bahar utara, Selatan dan Sungai Bahar belum kita cek. Kita akan cek untuk memastikan kondisinya,'' kata Farhan.

Akibat kejadia tersebut Kimpraswil mengalami kerugian sebesar Rp. 106. juta dan kejadian ini sudah dilaporkan ke polisi dengan no laporan LP/B-06/1/2020.

''Kita sudah melaporkan kejadi ini ke Polres Muarojambi. Dan untuk warga diharapkan jangan kuatir karena kita akan menganti kabel listrik yang hilang tersebut,'' tukas Farhan. (akd)

 

Editor  :  Ansory S