Pemkab Muaro Jambi Terus Dorong Realisasi Tol Jambi-Sekayu

Minggu, 23 Februari 2020 - 22:03:10


/

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Pemkab Muaro Jambi terus mempersiapkan segala kebutuhan dan dukungan untuk realisasi pembangunan Tol Sekayu - Jambi yang turut masuk dalam wilayah Kabupaten Muarojambi, direncanakan akan dibangun pada 2020 ini.

‘’Namun, untuk pelaksanaannya akan dibangun setelah PT Hutama Karya (HK) yang akan menggarap ruas jalan tol Sekayu-Jambi, selesai membangun jalan tol ruas Palembang, Indralaya. Tol Palembang-Simpang Indralaya, sudah berada pada pengerjaan dalam progres 93,13 persen,’’ ujar Kadis PUPR Kabupaten Muaro Jambi, Yultasmi.

Ia menyebutkan, pihaknya sempat diundang oleh Kementerian PUPR RI membahas masalah tersebut. "Beberapa waktu lalu kita sempat rapat juga dengan Kepala BP2JN Jambi dan Kabid Bina Marga dan Perwakilan dari Bapeda Provinsi Jambi, membahas hal itu. Memang perencanaanya itu dibangun setelah proyek PT HK di Palembang selesai," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Yultasmi bahwa terkait dengan perkembangan pembangunan Jalan Tol tersebut sudah pada perencanaan pengadaan tanah. Untuk diketahui bahwa proyek jalan tol ini sudah masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

"Kalau dalam rapat kemarin PT HK sudah melakukan beberapa proses untuk nantinya pengerjaan proyek tol tersebut. Mereka sudah sampai pada Amdal, FS, Basic Desaign, dan dokumen perencanaan pengadaan tanah atau DPT," terangnya.

Pembangunan Tol Sekayu- Jambi akan dibangun sepanjang 191 km dengan ruas jalan dimulai dari Simpang Sekayu-Tempino-Jambi. Adapun untuk anggaran yang akan dipakai untuk penyelesaian ini sekitar Rp21,32 triliun.

 "Pada saat pembahasan kemarin, PUPR Muaro Jambi memberi tanggapan dan meminta tahapan Pembangunan di Trase Tol di Wilayah Muarojambi disegerakan, seperti pola pelaksanaan di Provinsi Bengkulu. Tidak harus langsung terkoneksi, iya bertahap tapi lokasi yang di Jambi segerakan saja konstruksinya," pungkasnya.(akd)