Batanghari Masih Memerlukan 657 Tenaga Pendidik

Rabu, 11 Maret 2020 - 21:55:09


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Permasalahan kekurangan tenaga pendidik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) masih sangat dirasakan hampir seluruh sekolah diwilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Batanghari.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari, Kabupaten tertua di Provinsi Jambi ini masih kekurangan 657 tenaga pendidik.

Kekurangan ini terjadi hampir diseluruh sekolah, mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tenaga pendidik yang masih minim diantaranya guru kelas, jasamani, kesehatan (PJOK) dan guru agama.

Kasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dasar Disdikbud kabupaten Batanghari, Umi Kalsum, ketika dikonfirmasi membenarkan masih kekurangan tenaga pendidik berstatus ASN di Bumi Serentak Bak Regam.

“Yang paling dominan terjadi pada jenjang pendidikan SMP dengan jumlah total kekurangan sebanyak 335 tenaga pendidik. Sedangkan Kalau SD terjadi kekurangan sebanyak 322 tenaga pendidik,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan jumlah sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Batanghari, semestinya Kabupaten Batanghari memerlukan 2.506 tenaga pendidik. Sementara jumlah yang ada hanya 1.849 tenaga pendidik.

“Jadi, jika dilihat dengan jumlah yang dibutuhkan dengan yang ada sekarang, Kita ada kekurangan 657 tenaga pendidik untuk di Kabupaten Batanghari. Dan mayoritas kekurangan ini terjadi diwilayah Bajubang. Seperti guru kelas,” ujarnya.

Umi sendiri mengakui, untuk mengatasi kekurangan yang terjadi Disdikbud Kabupaten Batanghari menggunakan jasa tenaga pendidik yang ada untuk mengajar di sekolah-sekolah yang masih mengalami kekurangan.(hmi)