3 Wilayah Kecamatan di Kota Jambi Banjir

Jumat, 08 Mei 2020 - 18:56:31


Fasha mengecek wilayah yang terkena banjir
Fasha mengecek wilayah yang terkena banjir /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Hujan deras yang mengguyur Kota Jambi sejak Kamis Sore (07/05) sekitar pukul 17.00 WIB menyebabkan beberapa kawasan wilayah kota Jambi terendam banjir, Bahkan hingga Jumat pagi Hujan tak kunjung reda.

Diketahui terdapat tiga titik banjir di tiga kecamatan yakni Kecamatan Jambi Timur, Kecamatan Danau Sipin dan Kecamatan Telanaipura.

Walikota Jambi Syarif Fasha dan unsur Forkompinda kota Jambi serta Camat setempat meninjau lokasi kawasan yang terkena banjir. Jum'at (08/05).

Walikota Jambi Syarif Fasha menjelaskan bahwa terdapat tiga titik banjir di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Jambi Timur, Kecamatan Danau Sipin dan Kecamatan Telanaipura.

Adapun kawasan sebagai berikut, Jambi Timur Kelurahan kasang dan Sijenjang, kemudian di Telanai juga di Buluran, kenali besar serta di danau Sipin di Kelurahan Legok.

"posisi yang terletak di pinggir Danau Sipin ada beberapa warga yang sudah kami evakuasi di Buluran kenali juga kekuasaan di tenda Tetapi kalau di Jambi Timur masih menempati rumah masing-masing," Jelasnya.

Fasha Mengintruksikan kepada lurah, Camat setempat, dinas Damkar, dinas kesehatan serta Dinas Sosial untuk langsung melihat kondisi dan memberikan bantuan.

"Bantuan-bantuan standar yang sudah ada, kemudian untuk pihak PDAM untuk menyiapkan titik-titik air bersih dan pasang tedmond, lampu juga sudah disiapkan untuk diletakkan di tenda evakuasi," Tuturnya.

Kepada Dinas Kesehatan di Puskesmas Fasha menginformasikan untuk mengecek langsung kondisi fisik masing-masing warga yang mengungsi.

"pastikan mereka dalam kondisi Sehat, Jangan sampai ada yang sakit perut hingga penyakit kulit," Katanya.

"Untuk saat ini terdapat 3 hingga 6 KK yang baru terdampak saat ini dan kemungkinan kami prediksi air dalam beberapa hari ke depan akan naik sekitar 50 Cm, dimana air dari hulu sudah jalan dan kemungkinan 2 hari ke depan air akan naik," Sambungnya.

"Di ketahui status sekarang berada dalam tahap siaga dua, dimana posisi air di 14,6 Cm, apabila sudah di atas 14,8 Cm dan mendekati 15 Meter, maka sudah masuk siaga satu," Tutupnya.

Kadis damkar Feriadi juga mengatakan untuk Se-kota Jambi yang terdapat di Jambi Timur ada Sembilan rumah, di telanai ada tiga rumah, kemudian di pasar terdapat dua rumah.

"Untuk keseluruhan sampai dengan hari ini ketinggian air hingga siang hari ini mencapai 14,60 cm, dimana sudah diposisi siaga dua," Jelasnya.

Adapun tiga posko yang akan didirikan oleh pihak Damkar yaitu di kecamatan Jambi timur, Telanai dan satu di danau sipin hingga bantuan akan di berikan.

Pihak Damkar yang bekerjasama dengan Dinas sosial yakni bantuan beras dan bantuan lain dari damkar.

FeriAdi mengatakan kemungkinan yang rawan saat ini berada di seberang. Diketahui ada 11 kelurahan yang terdapat di seberang.

"sampai saat ini belum ada rumah yang terendam untuk wilayah seberang dan evakuasi Sudah dilakukan untuk tiga kk yang ada di Buluran," Ujarnya.

"Untuk Jambi Timur yang saat ini ada beberapa warga yang bertahan, karena tiga rumah tadi semuanya masih mengusahakan di loteng rumah yang memiliki dua lantai," Pungkasnya. (ria)

 

editor  :  Ansory  S