Rp 12 Milyar Lebih DAK Disdikbud Batanghari Belum Terealisasi

Minggu, 19 Juli 2020 - 19:05:36


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-BATANGHARI-Meski sudah memasuki triwulan ketiga, realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batanghari, untuk kegiatan ke sekolah-sekolah, ternyata masih nol persen.

Plt Kepala Bidang Penddikan Dasar Disdikbud Kabupaten Batanghari, Yusfahrizal, ketika dikonfirmasi mengakui, memang hingga saat ini untuk Dana DAK sekolah sebesar Rp 12 Miliar lebih belum ada yang terealisasi.

“Sekarang ini kan sudah bulan Juli, memang seharusnya itu sudah berjalan. Namun, kendala yang dihadapi sekolah-sekolah saat ini percairan dana dari pusat yang belum ada,” terang Yusfahrizal, ditemui wartawan diruang kerjannya.

Dikatakanya, untuk proses Memorandum Of Understanding (MOU) ke sekolah sudah selesai dilaksanakan. Begitu juga, dengan pelaksanaan kegiatan sesuai aturan dilaksanakan Panitia Pelaksana Sekolah (P2S) juga telah dibentuk.

“Kalau untuk pelaksanaan dilapangan, pihak sekolah-sekolah tidak ada masalah lagi. Mereka hanya menunggu pencairan dana dari pusat ke sekolah penerima mamfaat bantuan DAK fisik 2020,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, dana DAK Tahun 2020 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batanghari sebesar Rp 12 Miliar lebih, diperuntukan Pembangunan mulai tingkat SD sampai SMP di delapan Kecamatan Kabupaten Batanghari.

Adapun untuk rinciannya, untuk pembangunan SD ada sebanyak 57 sekolah dengan anggaran Rp 6.1 Miliar. Sedangkan untuk pembangunan SMP ada sebanyak 18 sekolah dengan anggaran Rp 6.3 Miliar.

Dan target output DAK meliputi, rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan ruang praktek siswi dan rehabilitasi perpustakaan dan pembangunan sarana MCK serta pembangunan ruang UKS.(hmi)


Editor: Ansory S