Honda pun Terkejut Melihat Marquez Sudah Pulih Lagi

Jumat, 24 Juli 2020 - 09:32:24


Marquez saat tiba di Jerez, Kamis (23/7/2020). Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Marquez saat tiba di Jerez, Kamis (23/7/2020). Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp /

Jerez de la Frontera - Marc Marquez siap kembali membalap di MotoGP Andalusia akhir pekan nanti. Repsol Honda pun kaget pebalap mereka bisa pulih dengan cepat.

Akhir pekan lalu, Marquez gagal finis setelah motornya mengalami high side di seri MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Ia jatuh terpelanting, lengannya membentur ban motor dengan keras hingga tulang humerusnya retak.

Marquez lalu menjalani operasi di Barcelona. Ia diperkirakan baru bisa membalap lagi di MotoGP Ceko pada 9 Agustus.

Namun pada Kamis (23/7), batang hidung Marquez sudah muncul lagi di Jerez. Ia pun dinyatakan fit untuk membalap hari Minggu (26/7).

"Tak ada yang menduga ia bisa ada di sini hari ini," ujar manajer tim Repsol Honda Alberto Puig soal kehadiran Marquez, dikutip dari Crash.

"Sewaktu kecelakaan itu terjadi, kami pun khawatir. Dia pun harus ke Barcelona untuk menjalani operasi. Tapi ternyata operasinya berjalan sangat lancar. Dokternya memang bagus, tapi tetap saja luar biasa."

"Marquez kemudian mulai merasa membaik selepas operasi. Dia menghubungi kami, bilang 'Kondisi saya nggak seburuk itu. Nggak sakit-sakit banget kok. Tangan saya juga bisa digerakkan'. Saraf yang dikhawatirkan bermasalah juga ternyata dikonfirmasi dokter baik-baik saja."

Honda akan melihat kondisi Marquez dulu saat latihan pada Sabtu besok. Jika rider asal Spanyol itu tak merasa nyaman, maka ia tak akan dipaksakan membalap.

"Honda sebetulnya sudah merelakan balapan di MotoGP Andalusia dan bersiap untuk MotoGP di Brno (Ceko). Tapi setelah melihat Marc, lalu dokter bilang dia fit, maka kami pun sepakat untuk membiarkan dia latihan pada Sabtu nanti," kata Puig.

"Setelahnya tergantung bagaimana dia nanti, apakah mau balapan atau tidak. Kami memintanya untuk mengecek pada Sabtu nanti, dia bisa ikut balapan atau tidak. Seandainya masih berisiko, Marc pasti paham untuk tidak usah balapan dulu."

"Tapi sejak Minggu (waktu kejadian) sampai hari ini, segalanya terjadi begitu cepat, sehingga kami pun amat terkejut (dengan pulihnya Marquez)," jelas Puig. (adp/raw/detiksport)

 

SUMBER: Detik.com