Pemkab Sarolangun Luncurkan P2DK Rp 200 Juta Per Desa untuk Ketahanan Pangan

Senin, 31 Agustus 2020 - 19:54:22


Peluncuran P2DK fokus ke bidang tanaman pangan di Desa Lubuk Resam, Kecamatan CNG
Peluncuran P2DK fokus ke bidang tanaman pangan di Desa Lubuk Resam, Kecamatan CNG /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Pemkab Sarolangun tiada henti menunjukkan program dan kegiatan pro rakyat. Ini terbukti, Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra yang diwakili oleh Wakil Bupati Sarolangun, H Hillalatil Badri meluncurkan Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) Kabupaten Sarolangun tahun 2020 fokus ke bidang ketahanan pangan.

Peluncuran P2DK tersebut berlangsung di areal persawahan Kelompok Tani (Poktan) Sukajadi di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG), Kabupaten Sarolangun pada Senin (31/8).

Diketahui, P2DK merupakan salah satu program unggulan Bupati Cek Endra dan Wabup, H Hillalatil badri  untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan, yang mana dibiaya oleh APBD Sarolangun sebesar Rp 200 juta untuk masing-masing desa dan kelurahan.

Penerapan P2DK untuk ketahanan pangan ini dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) dan Dinas Ketahanan Pangan.  

Wakil Bupati (Wabup), Hillalatil Badri dalam sambutan mengatakan penerapan P2DK di masa pandemi Covid-19 ini fokus ke bidang ketahanan pangan, yakni penanaman padi, jagung dan kedele (Pajale) bertujuan untuk menormalisasikan tingkat kebutuhan pangan masyarakat,sehingga ketersedian pangan akan berkelanjutan di Kabupaten Sarolangun.

“Semua desa yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Sarolangun digerakkan untuk menerapkan P2DK ke bidang ketahanan pangan,”katanya.

Hadir dalam acara ini Sekda Ir. Endang Abdul Naser, Waka II DPRD Syahrial Gunawan, Kepala Bappeda H Lukman M Pd, Dandim Sarko Letkol Tomy Radya Lubis, Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono, Kadis PMD Mulyadi, Kadis TPHP H Sakwan, Asisten II Dedy Hendry, Asisten III Azrian, Kadis Ketahanan Pangan Dulmuin, Kadisnakkan Masturo Hadi dan lainnya.

Disela peluncuran P2DK fokus ke bidang ketahanan pangan juga dilakukan penyerahan bantuan pupuk, benih padi, bibit ikan lele dan pestisida kepada kelompok tani.

 

PENULIS: CHARLES R

EDITOR: ANSORY S