Ke Rumah Adik HBA, Al Haris Gunakan Kain Sarung Khas Gaya Kampung Empat

Selasa, 15 September 2020 - 22:15:05


Al Haris dan Cek Endra bertemu dengan HBA di malam meniga hari almarhum H M Kotel
Al Haris dan Cek Endra bertemu dengan HBA di malam meniga hari almarhum H M Kotel /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Dibalik nilai kesantunan yang diwarnai dengan kesederhanaan, ternyata penampilan gaya melayu melekat di kepribadian H Al Haris. Kesemuanya bukan dibuat-buat, tapi itulah kenyataan yang tertumpah dari hati sanubarinya.

Pada malam meniga hari almarhum H M Kotel Bin Agus, atau adik kandung H Hasan Basri Agus (HBA) di desa Panti, Kecamatan Sarolangun, Selasa (15/09), malam, tampak ekspresi Al Haris sangat santai, ia melempar senyum kepada semua masyarakat yang hadir di kediaman almarhum. Sepertinya, senyum lama nan ramah masih tak berubah pada H Al Haris.

Al Haris datang ke rumah almarhum dengan melekatnya masker dibagian mulut dan hidungnya, ia pun menggunakan baju koko berlengan panjang yang berwana putih dan menggunakan kopiah hitam. Ada yang menarik, malam yang terasa sedikit dingin itu, Al Haris memakai kain sarung berwarna kecoklatan, sesuai dengan situasi dan kondisi (Sikon) serta budaya khas masyarakat Kampung Empat dalam acara yang bernuansa islami.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Merangin yang juga Calon Gubernur Jambi 2021-2024, Cagub kuat, Al Haris disambut oleh HBA dan keluarga besar.

Namun, ada yang mengejutkan. Sebab, malam itu Al Haris bertemu dengan rivalnya di Pilkada Gubernur Jambi, yakni H Cek Endra. Suasana malam yang damai itu, posisi duduk Al Haris tidak mau terlalu menempel dengan HBA, bahkan ia sengaja memberikan kesempatan Cek Endra duduk disamping HBA dan Al Haris duduk di samping bagian kiri Cek Endra. Kapasitas sebagai keluarga dekat almarhum H M Kotel, barangkali Al Haris menghargai tamu yang datang.

Cukup mengesankan, ketika HBA, Cek Endra dan Al Haris melakukan salam kompak atau seketika tangan mereka bertiga sedang bersatu, secara tidak langsung terlihat posisi tangan kanan Al Haris berada diatas tangan Cek Endra dan posisi tangan HBA berada di posisi paling atas. Secara fakta atau mitos, secara politik bisa saja muncul dugaan, bahwa ini menunjukkan kekuatan Al Haris diatas kekuatan Cek Endra.  

Dihadapan HBA, Al Haris dan Cek Endra cukup akrab, sesekali mereka tersenyum sembari bercerita. Ini mengundang perhatian bagi tamu lainnya yang hadir di malam meniga hari almarhum H M Kotel.

Al Haris menghimbau kepada para pendukung dan simpatisan untuk tenang dan damai menghadapi Pilgub Jambi.

"Kita ingin Pilgub Jambi berkualitas, sehingga proses dan tahapan Pilgub bisa berjalan dengan baik, untuk itu para pendukung dan simpatisan serta Timses harus menjaga situasi dan kondisi di masyarakat agar tetap aman dan menyejukkan,"kata Al Haris. (akd)