Kota Bengkulu Kepincut Wisata Di Merangin

Kamis, 12 November 2020 - 21:31:21


Salah satu objek wisata di Merangin.
Salah satu objek wisata di Merangin. /

radarjambi.co.id-MERANGIN-Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu Provisi Bengkulu, tertarik dengan pengembangan potensi wisata dan pengelolaan Teknologi Informasi (IT) yang dilakukan Pemkab Merangin.

Untuk itu Pemkot Bengkulu mengutus lima orang pejabatnya, Asisten I H Muhamad Husni, Staf Ahli Walikota Toni Alfian, Kadis Pariwisata Amin Wendo, Kabid Pariwisata Gusti A dan Kabag Umum Syaiful Zuhri, melakukan studi tiru ke Merangin, Kamis (12/11).

Kelima pejabat Pemkot Bengkulu itu disambut Asisten I Setda Merangin H Hambali bersama Staf Ahli bupati Merangin H Arwan, Kadis Kominfo Merangin M Arief dan Kabid Pariwisata Merangin Nana Supriana, di ruang kerjanya.

‘’Terimakasih kami telah disambut dengan baik di Merangin. Kami ingin banyak meniru program pembangunan di Merangin, yang kami nilai mempunyai kesamaan antara kedua daerah ini,’’ujar Asisten I Setda Kota Bengkulu H Muhamad Husni.

Kesamaan itu lanjut H Muhamad Husni, pertama kedua daerah ini walikota dan bupatinya sama-sama mencalonkan diri maju pada pemilihan gubernur 2020. Kedua Sekda kedua daerah ini juga sama-sama memasuki usai pensiun.

Sedangkan untuk kesamaan program kerja terang H Muhamad Husni, kedua daerah sama-sama mempunyai program perduli dengan anak yatim piatu. ‘’Tentu hal ini sangat menarik bagi kami untuk dituru,’’jelas Asisten I Setda Kota Bengkulu.

Tapi terang H Muhamad Husni, di Pemkot Bengkulu ada program perduli janda. Dimana janda-janda tua mendapat pembinaan dari Baznas Kota Bengkulu, sedangkan janda-janda muda dicarikan jodoh.

‘’Pak Walikota Bengkulu tidak ingin janda muda itu hidup sendiri terus, untuk itu perlu dicarikan jodoh sebagai pendamping hidup, sehingga statusnya tidak lagi menjanda,’’ungkap Asisten I Setda Kota Bengkulu.

Namun demikian sambung Asisten I Setda Kota Bengkulu, mereka ingin fokus di dua bidang, Dinas Pariwisata dan Dinas Kominfo Merangin. Mengingat dua bidang ini menjadi visi-misi utama program pembangunan di Kota Bangkulu.

Asisten I Setda Merangin H Hambali menerangkan, aktivitas pariwisata di Kabupaten Merangin dalam sembilan bulan terakhir mengalami kelesuan, karena pandemic Covid-19.

‘’Kami ‘terjun bebas’ karena tidak ada lagi wisatawan yang berkunjung dan kita juga tidak bisa keluar daerah dimasa pandemic Covid-19. Kalau untuk Diskominfo saya rasa lebih maju Kota Bangkulu,’’ujar H Hambali.

Kadis Kominfo Merangin M Arief menambahkan, untuk saat ini Pemkab Merangin belum bisa sepenuhnya menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini karena belum memiliki jaringan Fiber Optik (FO).

SPBE yang diterapkan masih dilakukan secara individu oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 ‘’Jadi antar OPD itu belum terkoneksi secara terintegrasi. Masing-masing OPD memasang jaringan internet sendiri-sendiri,’’ujar M Arief.

Hal ini karena Pemkab Merangin belum mampu membangun jaringan FO yang harganya tidak murah.

 ‘’Sebenarnya jaringan FO itu akan dibangun tahun ini, tapi karena dananya tersedot untuk penanggulangan Covid-19, sehingga tidak jadi,’’terang M Arief.

Meskipun demikian M Arief menjelaskan, untuk informasi berbagai kegiatan pimpinan daerah setiap hanya update terus baik melalui website meranginkab.go.id maupun website diskominfo.meranginkab.go.id.

Kabid Pariwisata Merangin Nana Supriana menjelaskan, untuk pariwisata di Kabupaten Merangin mempunyai sebanyak 93 objek wisata, mulai dari wisata alam berupa danau, air terjun pegunungan, wisata budaya sampai wisata buatan water park.

‘’Potensi wisata itu dikelola kelompok masyarakat dan desa, melalui Pokdawis-pokdarwis binaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Merangin. Kita juga punya Geopark Merangin dalam tahan pengakuan UNESCO,’’terang Nana.

Selain itu terang Nana, Merangin juga punya agenda internasiona dan nasional Arung Jeram yang sudah dilaksanakan berulang kali. Untuk Geopark Merangin  hanya ada kesamaannya dengan Geopark Cina.

Pertemuan atar pejabat dua daerah itu diakhiri dengan tukar menukar cinderamata. Pemkot Bengkulu memberikan tongkat bertuah kepada Asisten I Setda Merangin dan Pemkab Merangin memberikan cinderamata logo Merangin.(crk/akd)