PetroChina Jabung Raih Padmamitra Award untuk Program Pemberdayaan Suku Anak Dalam

Jumat, 20 November 2020 - 19:39:42


Saat menerima Padmamitra Award 2020 dari Kementerian Sosial untuk program pemberdayaan komunitas adat terpencil Suku Anak Dalam (KAT SAD) di Jambi
Saat menerima Padmamitra Award 2020 dari Kementerian Sosial untuk program pemberdayaan komunitas adat terpencil Suku Anak Dalam (KAT SAD) di Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID- PetroChina International Jabung Ltd., Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas, meraih Padmamitra Award 2020 dari Kementerian Sosial untuk program pemberdayaan komunitas adat terpencil Suku Anak Dalam (KAT SAD) di Jambi.  

Di acara penganugerahan yang berlangsung di hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran pada hari Selasa, 17 November 2020, PetroChina menjadi satu di antara tiga perusahaan yang menerima Padmamitra Award di kategori keterpencilan. 

Vice President Human Resources and Relations PetroChina Dencio Renato Boele menerima penghargaan langsung dari Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam acara yang digelar terbatas untuk para penerima penghargaan dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mewakili manajemen PetroChina, Dencio menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial atas apresiasi yang diberikan melalui penghargaan ini.

“Kesuksesan program pemberdayaan Suku Anak Dalam ini adalah berkat dukungan penuh Kementerian Sosial, lembaga mitra dan institusi-institusi terkait, serta terutama para warga KAT SAD yang telah memberikan inspirasi untuk menjaga alam sebagai rumah sejati kita,” ujar Dencio.

Dalam melaksanakan program pemberdayaan KAT SAD, PetroChina mengusung tema “Sinergi Program Pemberdayaan KAT dan Tanggung Jawab Sosial Hulu Migas”.

Melalui kerjasama dengan Kementerian Sosial dan beberapa LSM mitra, PetroChina menyediakan fasilitas sanitasi dan air bersih serta balai pendidikan dan kesehatan untuk KAT SAD di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, pada tahun 2019.

PetroChina kemudian melanjutkan program pemberdayaan ini dengan memberikan pelatihan mata pencaharian alternatif bagi para warga SAD.

“PetroChina percaya bahwa semua orang, termasuk warga komunitas adat terpencil, berhak merasakan manfaat dari industri hulu migas,” jelas Dencio.

Pada bulan Oktober 2019, Menteri Sosial saat itu Agus Gumiwang Kartasasmita berkesempatan mengunjungi salah satu lokasi program pemberdayaan SAD yang dijalankan PetroChina, yaitu yang terletak di Desa Gurun Tuo, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun.

Agus beserta rombongan meninjau program pelatihan mata pencaharian alternatif, meliputi peternakan budidaya lele, kambing dan ayam.

Sejalan dengan VP Human Resources and Relations PetroChina, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial atas penghargaan yang telah diberikan kepada KKKS PetroChina International Jabung Ltd.

“Program ini adalah bentuk dukungan semangat baru bagi kami untuk terus memberikan peran serta hulu migas di wilayah kerja kami dalam berbagai bidang terutama untuk kegiatan sosial dan pengembangan masyarakat,” ujar Adiyanto.

Ia juga memberikan apresiasi kepada PetroChina International Jabung Ltd yang telah aktif melakukan berbagai kegiatan dan menjalankan program pengembangan masyarakat sesuai dengan kesepakatan dalam Work Program and Budget (WP&B) setiap tahunnya.

Diselenggarakan secara tahunan oleh Kementerian Sosial dan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Nasional, Padmamitra Award adalah salah satu bentuk apresiasi tertinggi pemerintah bagi penyelenggaraan program kesejahteraan sosial oleh perusahaan.

Penghargaan ini memiliki tujuh kategori, yaitu kemiskinan, ketelantaran, disabilitas, keterpencilan, bencana/kebencanaan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku serta korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

KKKS PetroChina International Jabung Ltd. merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan PT Pertamina Hulu Energi Jabung, Petronas Carigali (Jabung) Ltd., PP Oil & Gas (Indonesia-Jabung) Ltd., dan PT GPI Jabung Indonesia.

 Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga menjadi operator Blok Bangko di Jambi. (*)