Bupati Ajak Warga Terapkan PHBS

Selasa, 24 November 2020 - 12:42:52


 Bupati Masnah saat dalam sebuah acara pembersihan Salah satu sungai di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi
Bupati Masnah saat dalam sebuah acara pembersihan Salah satu sungai di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Wilayah Kabupaten Muaro Jambi memang saat ini memiliki pemukiman yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari,  maka tidak heran jika sebagian masyarakat masih memanfaatkan sungai sebagai sarana Mandi Cuci Kakus (MCK).

Untuk mengurangi MCK di sungai tersebut, maka Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro, SE mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya ialah dengan membangun MCK di daerah daratan.

‘’Hidup sehat dan bersih menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi untuk diterapkan ke masyarakat terutama dalam pemanfaatan sungai,’’ ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab Muaro Jambi terus berupaya mensosialisasi agar masyarakat membiasakan mengguakan MCK dan setop menggunakan jamban untuk membuang air besar.

"Karena Kabupaten Muaro Jambi hampir di kelilingi Sungai Batanghari sehingga banyak masyarakat memanfaatkan pinggiran sungai untuk membuat hajat di jamban baik untuk mandi mencuci piring serta membuang air besar tentu hal ini berdampak tidak bagus bagi kesehatan masyarakat," jelasnya.

Ia juga mengatakan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi telah membuat program membuat MCK umum dan sebagian sudah di jalankan namun masih ada sebagian masyarakat memanfaatkan jamban.

"Kita telah berupaya mensosialisasi agar tidak menggunakan jamban dan telah dibentuknya forum Kabupaten Muarojambi sehat menjadi tujuan agar hidup sehat dan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membiasakan diri mencuci mandi dan buang air besar di jamban," tandas Bupati. (akd)